Besok, Masyarakat Padang Panjang di Jakarta Gelar Buka Puasa Bersama

Jakarta | Topsumbar- Masyarakat Kota Padang Panjang, Sumatra Barat yang bermukim di ibu kota Jakarta dan sekitarnya pada Minggu (16/4/2023) besok bakal buka puasa bersama (Bukber, red).

Buka puasa bersama yang dalam bahasa Padang diucapkan ‘Buko Basamo’ itu, diselenggarakan oleh Ikatan Masyarakat Padang Panjang (IMPP) Jakarta dan Sekitarnya .

Acara bertajuk ‘Silaturahmi dan Buko Basamo’ IMPP Jakarta dan Sekitarnya itu akan dilangsungkan di Hotel Balairung, Jalan Matraman, Jakarta Timur.

Bacaan Lainnya

Ketua panitia pelaksana Silaturahmi dan Buko Basamo IMPP Jakarta dan Sekitarnya, Junaidi Gafar, mengatakan sebelum acara buka puasa bersama dilangsungkan, hadirin akan disambut penampilan violinist Yasril Adha, feat Aqoustic IMPP.

Kemudian sambutan Ketua panitia pelaksana silaturahmi dan buko basamo, Junaidi Gafar, sambutan Ketua Umum IMPP Jakarta dan Sekitarnya, Nasrul Naga, serta sambutan Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran.

Lalu, ceramah ramadan dan doa oleh DR. H. Masyhuril Kamis yang merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Jamiatul Wasliyah. Ia juga Ketua Pusat Dakwah dan Perbaikan Bangsa Majelis Ulama Indonesia.

“Usai ceramah ramadan dan doa, acara dilanjutkan buka puasa bersama, salat maghrib, sesi foto, makan malam, salat isya dan tarawih,” ujar Junaidi Gafar dihubungi Topsumbar.co.id, Sabtu (15/4/2023).

Terkait agenda silaturahmi dan buko basamo IMPP Jakarta dan Sekitarnya, Junaidi Gafar mengimbau masyarakat Padang Panjang dan sekitarnya yang berada di Jakarta dan sekitarnya serta yang belum mudik atau pulang libur berlebaran ke Padang Panjang untuk bisa menyempatkan waktu hadir.

“Silaturrahmi dan buko basamo IMPP Jakarta dan sekitarnya selain nanti akan dihadiri warga Padang Panjang yang bermukim di Jakarta dan sekitarnya juga bakal dihadiri tokoh-tokoh masyarakat Padang Panjang yang bermukim di jakarta dan sekitarnya serta bakal dihadiri Wali Kota Padang Panjang, Bapak Fadly Amran,” ujarnya.

Adapun tujuan agenda silaturahmi dan buko basamo ini, sebut Junaidi, selain menunaikan amalan buka puasa ramadan, juga bertujuan untuk memperkuat tali silaturahmi antar sesama warga Padang Panjang di perantauan khususnya di Jakarta dan sekitarnya.

“Kegiatan silaturahmi dan buko basamo ini juga wujud dari eksistensi IMPP Jakarta dan Sekitarnya didalam memfasilitasi masyarakat Padang Panjang diperantauan maupun di ranah sendiri di Padang Panjang, termasuk untuk menjaga keakraban, kerukunan, dan rasa persaudaraan agar IMPP Jakarta dan Sekitarnya bisa membangun kerja-kerja yang konkrit kedepannya,” sebutnya.

“Karena banyak sekali program-program kerja IMPP Jakarta dan Sekitarnya yang harus disosialisasikan dan disampaikan kepada masyarakat,” sambungnya melanjutkan.

Diungkap Junaidi Gafar, kegiatan IMPP Jakarta dan Sekitarnya banyak yang telah berjalan atau terealisasi, semisal program kegiatan peduli sosial berupa bantuan sosial bencana alam, bantuan uang duka cita, bantuan biaya bagi warga yang sedang dirawat di rumah sakit dan lainnya.

Kedepan IMPP punya rencana-rencana strategis untuk memajukan warga Padang Panjang, baik di rantau maupun di ranah.

Agenda silaturahmi dan buko basamo ini juga kesempatan atau sebagai ruang bagi IMPP Jakarta dan Sekitarnya untuk menyampaikan informasi tentang eksistensi IMPP Jakarta dan Sekitarnya.

“Untuk itu kita berharap warga Padang Panjang yang bermukim di Jakarta dan sekitarnya dapat hadir supaya juga bisa mendengar gambaran program kegiatan yang akan dilakukan kedepan. Apa sih rencana-rencana konkrit IMPP Jakarta dan Sekitarnya dan apa program kerja kedepan,” ulasnya

Sementara itu, Ketua Umum IMPP Jakarta dan Sekitarnya, Nasrul Naga, dihubungi Topsumbar.co.id , mengatakan acara silaturrahmi dan buko basamo ini adalah acara rutin IMPP di Jakarta sebagai ganti atau tambahan acara pengajian rutin di luar bulan Ramadan.

Adapun sumber dana acara ini, sebut Nasrul Naga adalah sedekah terbuka dari donatur yang sudah terkumpul sekitar 50 juta rupiah.

“Nanti dana lebih akan diwakafkan/infak ke masjid-masjid terutama masjid-masjid di Padang Panjang yang sedang membangun sebagai bentuk peduli IMPP Jakarta dan Sekitarnya terhadap  kampung halaman,” sebut Nasrul Naga.

Dituturkan Nasrul Naga , setelah pelantikan pengurus IMPP Jakarta dan Sekitarnya periode 2022-2027 pada Februari 2023 lalu, beberapa program sosial IMPP Jakarta dan Sekitarnya sudah berjalan.

Seperti membantu biaya pengobatan anak-anak dan atau saudara kami di Padang Panjang yang kekurangan biaya, sebesar Rp18 juta dan juga membantu salah satu warga Padang Panjang yang berdomisili di Lenteng Agung yang rumahnya kebakaran sebesar 23 juta rupiah.

Kemudian, juga penting kami sampaikan, bahwa setelah pelantikan pengurus di penghujung Februari 2023 lalu, waktunya terlalu dekat dengan bulan puasa ramadan sehingga kami belum bisa melakukan rapat kerja atau Raker.

“In syaa Allah setelah lebaran ini kami akan rencanakan untuk mengadakan Raker supaya program kerja jangka pendek, menengah dan panjang masing-masing bidang bisa lebih jelas dan bisa dieksekusi satu satu berdasarkan skala prioritas,” pungkas Nasrul Naga.

(Alfian YN)

Pos terkait