Pemko Bukittinggi Gelar Festival Gadih Minang Marandang, Lestarikan Masakan khas Minang

Pemko Bukittinggi Gelar Festival Gadih Minang Marandang, Lestarikan Masakan khas Minang

Bukittinggi | Topsumbar – Pemerintah kota (Pemko) Bukittinggi terus berupaya membangkitkan kembali perekonomian dan pariwisata di kota Bukittinggi, Selain melakukan pembaharuan terhadap pedagang kaki lima pada beberapa waktu lalu, untuk menambah daya tarik wisatawan pemerintah juga mengadakan berbagai event – event membuat Bukittinggi semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Seperti yang terlihat Hari ini Pemerintah Kota Bukittinggi mengadakan Festival Gadih Minang Marandang 2023. Kamis (09/03/2023)

Puluhan peserta yang Terdiri dari siswi SLTP dan SLTA se Kota Bukittinggi mengikuti lomba memasak rendang. Rendang merupakan masakan khas Minangkabau yang sudah tersohor ke nasional bahkan internasional.

Bacaan Lainnya

Kabid pemasaran pariwisata & pengembangan ekonomi kreatif
Dinas pariwisata kota bukittinggi Hendri Yeni, S. Pd mengatakan, saat ini untuk jumlah peserta mencapai 60-an siswi yang terdiri dari sekolah SLTP dan SLTA se Kota Bukittinggi.

“Terlihat dari pagi para peserta sudah memenuhi Pelataran Taman Pendrestarian Jam Gadang, mereka tampak antusias dan semangat untuk mengikuti lomba, apalagi ‘Rendang’ ini kan Khas nya Sumatera barat,” sebut Yeni.

Peserta juga sudah mempersiapkan alat serta bahan untuk memasak rendang, mereka menggunakan kompor portable gas 3 kilogram.

Kegiatan lomba ini bertujuan untuk melestarikan kuliner lokal khas Minangkabau dan peserta wajib memakai baju kurung.

Salah satu Chef dari Hotel Santika Bukittinggi yang menjadi juri pada acara tersebut Edi Irawan  mengatakan ada beberapa hal yang kita nilai.

“Mulai dari kebersihan, kemudian proses pembuatan, waktu, tekstur dan terakhir soal rasa,” sebut Edi.

Untuk penilaian memasak rendang yakni, dewan juri yang terdiri dari Chef Hotel, Akademisi maupun Bundo Kanduang yang memantau kegiatan tersebut.

(JA)

Pos terkait