Hentikan Langkah ke DPD RI, Irfendi Arbi Mantapkan Diri Maju ke DPR RI

Hentikan Langkah ke DPD RI, Irfendi Arbi Mantapkan Diri Maju ke DPR RI

Limapuluh Kota | TopSumbar – Meski hanya kekurangan sebanyak 12 KTP dukungan untuk syarat maju sebagai calon anggota DPD RI usai pelaksanaan verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat beberapa waktu lalu, namun Ir. H Irfendi Arbi memutuskan untuk tidak melanjutkan langkahnya untuk mencalonkan diri menjadi anggota DPD RI.

Walaupun KPU saat ini masih memberikan kesempatan kepada bakal calon anggota DPD RI yang belum memenuhi syarat untuk melakukan perbaikan syarat dukungan melalui aplikasi Silon mulai Kamis 2 Maret 2023 hingga Sabtu 11 Maret 2023.

“ Ya, saya sudah memantapkan hati akan maju sebagai bakal calon anggota DPR RI bersama Partai NasDem,” ujar Irfendi Arbi dalam keterangan resminya kepada sejumlah wartawan di Payakumbuh didampingi Ketua DPC Partai NasDem Kabupaten Limapuluh Kota, H. Ilson Cong,SE, Senin (6/3/2023).

Bacaan Lainnya

Bupati Kabupaten Limapuluh Kota periode 2016-2021 itu mengakui, langkahnya memilih maju sebagai bakal calon anggota DPR RI, semata-mata untuk memenuhi keinginan dan tuntutan dari berbagai kalangan tokoh masyarakat, ninik mamak, alim ulama, para petani, kalangan birokrat, kaum emak-emak, simpatisan termasuk sejumlah kawan-kawan wartawan dan para kaum muda yang ada di Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Koya, red) yang memberikan dorongan dan dukungan agar dia maju ke DPR.

“Masyarakat Luak Limopuluah memberikan dorongan dan dukungan agar saya maju ke DPR RI, karena warga Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh sudah lama mendambakan adanya putra daerah Luak Limopuluah duduk di DPR RI untuk memperjuangkan masyarakat dan daerah di lembaga DPR RI,” ungkap Irfendi Arbi.

Menurut Irfendi Arbi, beranjak dari besarnya keinginan dan dorongan masyarakat Luak Limopuluah, termasuk adanya partai politik yakni Partai NasDem memberikan peluang untuk dirinya maju sebagai bakal calon anggota DPR RI, akhirnya setelah bermusyawarah dengan keluarga, dengan tim pendukung dan sejumlah tokoh masyarakat, putra terbaik Luak Limopuluah itu, memantapkan hati maju sebagai bakal calon anggota DPR RI bersama Partai NasDem.

“Semoga langkah saya memilih maju ke DPR RI mendapat dukungan dan dorongan dari berbagai lapisan masyarakat Luak Limopuluah, Insyaallah niat baik ini mendapat restu dari Allah SWT. Aamin Yarabbal Alamin,” pungkas mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota dan mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Padang periode 1991–1994 itu.

LEBIH DEKAT DENGAN IRFENDI ARBI
Meskipun sebagian besar masyarakat Luak Limopuluah sudah mengenal dan mencatat perjalanan karir Irfendi Arbi, namun tak ada salahnya para pembaca diajak menyimak perjalanan karir tokoh yang dikenal sebagai sosok yang sederhana, rendah hati dan dekat dengan semua kalangan ini.

Dikutip dari Wikipedia dipaparkan dengan jelas bahwa, Ir. Irfendi Arbi, MP adalah Bupati Lima Puluh Kota periode 2016–2021. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Lima Puluh Kota periode 2005–2010.

LATAR BELAKANG DAN PENDIDIKAN
Irfendi Arbi dilahirkan di Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat pada 20 April 1964. Ia merupakan putra dari pasangan Arbi Biran dan Ratna Arbi. Ia memiliki tiga orang saudara kandung. Ia mengenyam pendidikan di SD 01 Duri, Riau (1970–1976), SMP Bungo Setangkai, Lima Puluh Kota (1977–1980), dan SMA 428 Duri, Riau (1980–1983).

Ia pernah menjabat Ketua I Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Bunga Setangkai Lima Puluh kota (1978–1979), Ketua Pramuka SMP Bunga Setangkai Lima Puluh Kota (1979-1980), dan Pengurus OSIS SMPP/SMA Negeri 2 Payakumbuh (1981-1982).

Irfendi Arbi meraih gelar Insinyur S1 Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Padang (1983–1989) dan S2 Magister Pertanian Universitas Andalas, Padang (1997–1999). Ia pernah menjabat Ketua Umum Senat Mahasiswa Unand Padang (1986-1988).

KARIR
Irfendi memulai karier sebagai Asisten Dosen Fakultas Pertanian Unand Padang. Ia lalu diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil. Ia pernah menjabat anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang.

Pada 2000, ia maju sebagai calon bupati Lima Puluh Kota dalam pemilihan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota menggandeng tokoh dari Gunuang Omeh, tetapi dikalahkan oleh pasangan Alis Marajo–Amri Darwis.

IRFENDI ARBI SEBAGAI WAKIL BUPATI
Pada 2005, Irfendi maju sebagai calon Wakil Bupati Lima Puluh Kota mendampingi Amri Darwis dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Lima Puluh Kota 2005 yang merupakan Pilkada langsung pertama di daerah itu.

Pasangan ini diusung oleh koalisi PBB, PPP, PNI Marhaenisme dan didukung PKS. Mereka berhasil memenangkan pemilihan tersebut dengan perolehan 48.819 suara sah atau 30,59%.

Ia pernah juga menjadi Pimpinan Umum Tabloid Pertanian.
Pada 2010, ia maju sebagai calon Bupati Lima Puluh Kota dengan menggandeng Zadry Hamzah dan diusung oleh Partai Demokrat, tetapi dikalahkan oleh pasangan Alis Marajo–Asyirwan Yunus. Pada 17 Februari 2016, ia dilantik sebagai Bupati Lima Puluh Kota periode 2016–2021 didampingi Wakil Bupati Ferizal Ridwan.

ORGANISASI
Pada 1983, Irfendi Arbi menjadi Dewan Penasihat Pengurus dan Anggota Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan ABRI (FKPPI). Ia memimpin sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Padang periode 1991–1994. Pada 1994 ia menjabat Bendahara GM FKPPI Padang hingga 1998.

Di samping itu, ia juga menjadi Biro Kaderisasi Yayasan Supersemar Padang sejak 1995 hingga 2000 dilanjutkan menjadi Ketua Majelis Pemuda Indonesia Sumatra Barat periode 2000–2005.

Selama menjadi wakil bupati periode 2005 hingga 2010, ia menjabat Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Lima Puluh Kota, Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Lima Puluh Kota, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Lima Puluh Kota, Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Lima Puluh Kota, dan Dewan Pembina Majelis Taklim Kabupaten Lima Puluh Kota.

Pada 2007, Irfendi terpilih sebagai Ketua I Dewan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Andalas dengan ketua umum Gamawan Fauzi hingga 2010.

Pada 2012, ia menjadi Pembina Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Kabupaten Lima Puluh Kota. Pada 2014, ia terpilih sebagai Ketua V Bidang Advokasi, Pendidikan dan Latihan Ikatan Alumni Fakultas Pertanian Universitas Andalas dengan ketua umum Mahyeldi hingga 2019.

PENGHARGAAN
Pada tahun 2006 Irfendi Arbi mendapat penghargaan KNPI Awards Sumbar, Tokoh Aspiratif Sumatra Barat (2007),
Leader awards Sumatra Barat (2008), Satyalancana Kebaktian Sosial dari Presiden Republik Indonesia (2018) dan selama menjabat Bupati Limapuluh Kota periode 2016-2021 Irfendi Arbi berhasil mendapat ratusan piagam penghargaan dari berbagai lembaga, Pemerintah Pusat dan pemerintah Provinsi Sumatera Barat. (Ton

Pos terkait