Bupati Safaruddin Minta Pelaku Usaha Urus Perizinan

Bupati Safaruddin Minta Pelaku Usaha Urus Perizinan

Limapuluh Kota | TopSumbar – Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo membuka sosialisasi Kebijakan Penanaman Modal Dan Penyuluhan Langsung Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Bagi Pelaku Usaha di aula Kantor Bupati Kawasan Bukik Limau, Sarilamak, Rabu (8/3/2023).

Kegiatan Penyuluhan dan pelayanan ini terlaksana atas kerjasama antara Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Barat dengan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota.

“Ini menunjukkan bukti bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota punya komitmen yang sama dalam upaya memajukan dan menumbuhkembangkan sektor usaha UMKM,” kata Bupati.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pemerintah terus melanjutkan berbagai agenda reformasi struktural, salah satunya dengan pelayanan perizinan berbasis Online Sistem Submission (OSS) yakni pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik yang dapat memudahkan pengurusan pelayanan perizinan bagi pelaku usaha dimanapun berada.

“Jenis perizinan dalam aplikasi ini akan disesuaikan dengan tingkat resikonya. Semoga kedepan kegiatan ini dapat ditingkatkan dan dikembangkan, sehingga apa yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat dapat terlaksana,” pungkasnya.

Senada, Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pro
vinsi Sumatera Barat, Adib Alfikri dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi izin ini penting dilaksanakan karena hal ini menyangkut perizinan bagi pelaku usaha.

“Untuk itu, kita berharap seluruh pelaku usaha di Limapuluh mengantongi izin usaha. Apalagi di era digitalisasi saat ini proses perizinan sangat mudah dilakukan,” katanya.

Menurutnya, pelaku usaha juga wajib memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) karena hal itu menyangkut dengan legalitas pelaku usaha. “Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak mengurus izin usaha,” sebutnya.

Ikut hadir, Kepala DPMPTSP Limapuluh Kota, Aneta Budi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Eki Hari Purnama, Kepala-Kepala OPD serta sejumlah pelaku usaha di Limapuluh Kota. (Ton)

Pos terkait