Hadiri HPN 2023, Jokowi: Kontribusi Insan Pers dan Kondisi Media Saat Ini

Medan | Topsumbar- Presiden RI Joko Widodo menghadiri dan menyampaikan pidato pada puncak peringatan HPN 2023 yang digelar di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut di Jalan Williem Iskandar, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023).

Diawal pidatonya Jokowi mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) kepada seluruh insan pers di seluruh Indonesia.

“Pertama-tama atas nama rakyat, atas nama pemerintah saya menyampaikan selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers Indonesia di manapun bapak ibu dan saudara-saudara berada,” ucap Jokowi.

Bacaan Lainnya

Jokowi mengatakan, insan pers berkonstribusi besar dalam menyuarakan hal positif yang berdampak penting bagi bangsa dan negara.

“Sejak awal awak media berkontribusi besar dalam menyuarakan ajakan perjuangan kemerdekaan, menyuarakan inovasi-inovasi pembangunan dan menjadi penopang utama demokratisasi,” kata Jokowi.

Selain kontribusi insan pers, Ia juga mengingatkan seluruh insan pers bahwa kondisi media pers saat ini tidak dalam kondisi yang baik. Untuk itu, Jokowi mengingatkan agar insan pers waspada dan selalu melakukan inovasi.

“Dunia pers sedang tidak baik-baik saja,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan saat ini tantangan media sudah bergeser, tidak lagi soal kebebasan pers, karena saat ini media massa sudah bisa memberitakan apapun dengan bertanggung jawab. Saat ini tantangannya adalah teknologi dan sustainability media.

Masyarakat kebanjiran berita dari mana-mana termasuk sosial media, dengan sistem IA dan Algoritma mendorong konten-konten recehan, sensasional lebih banyak muncul, mengorbankan visi jurnalisme. Dengan memanfaatkan algoritma, referensi masyarakat dapat dengan mudah dikendalikan. “Ini harus menjadi kewaspadaan kita bersama,” katanya.

Kedua, keberlangsungan media juga terancam karena saat ini 60 persen belanja iklan dikuasai platfrom asing. “Artinya sumberdaya keuangan media berkurang terus, larinya ke sana. Dominasi platform asing dalam periklanan menyulitkan media di digital,” urainya.

Untuk itu, dia mendorong seluruh elemen masyarakat dari pemerintahan pusat hingga daerah harus mendukung keberlangsungan media yang jujur dan bertanggungjawab.

Salah satu dukungan pemerintah terkait segera hadirnya aturan tentang publisher rights, dia meminta seluruh pihak yang terkait agar segera bertemu, menyelesaikan penyusunan aturan tersebut, agar bisa diterbitkan dalam bentuk Perpres .

“Saran saya bertemu, dalam satu bulan harus selesai,” katanya yang disambut riuh tepuk tangan insan pers yang hadir.

Pantauan langsung Topsumbar.co.id dari arena berlangsungnya acara puncak peringatan HPN 2023 di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut, tanpak ribuan wartawan dari penjuru Indonesia memenuhi bagian dalam gedung dan bagian luar gedung.

Selepas menghadiri HPN dan menyampaikan pidato, Jokowi mengunjungi dua pasar di Kota Medan, yakni Pasar Bakti dan Pasar Halat. Di kedua tempat tersebut, Presiden akan menyerahkan sejumlah bantuan sosial untuk para pedagang.

Selanjutnya, Jokowi menuju Terminal Amplas, Kota Medan, untuk melakukan peninjauan.

Kepala Negara juga diagendakan meresmikan dua terminal sekaligus yakni Terminal Amplas dan Terminal Tanjung Pinggir.

(AL/BS/Red)

Pos terkait