Harga Karet Turun, Ibu-ibu di Desa Jambu Kabupaten Tebo Pilih Mendulang Emas

Tebo | Topsumbar – Di saat harga karet terus merosot dan putaran ekonomi masyarakat Desa Jambu Bawah Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo terus menurun, tetapi masyarakatnya tetap semangat mengais rezeki dengan kembali mendulang emas.

Didapati Wartawan Media Topsumbar di lokasi, Selasa (27/12/2022) sejumlah masyarakat yang didominasi ibu-ibu tengah sibuk mendulang emas dengan cara tradisional. Salah seorang ibu-ibu inisial S diwawancarai mengatakan mendulang emas dengan cara tradisional lah yang bisa membantu ekonomi keluarga saat ini. Apalagi warga sekitar juga merasa diberi kemudahan dan kenyamanan oleh pemerintah setempat saat mendulang emas.

“Semenjak Kepala Desa yang baru dilantik beberapa bulan terakhir, kami masyarakat Jambu Bawah sangat nyaman. Barangkali inilah karunia Tuhan sehingga kami ibu-ibu bisa mengais rezeki dengan mendulang emas disini,” ujar nya.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa yang baru terpilih Masycun Syopwan, S. ST mengatakan bahwa aktivitas mendulang emas dengan tradisional adalah tradisi lama yang dikerjakan lagi oleh masyarakat setempat, khusus nya masyarakat Desa Jambu Kecamatan Tebo Ulu.

“Selagi menguntungkan bagi masyarakat dan bisa mempertahankan putaran ekonomi sah-sah sajo, boleh-boleh sajo yang penting jangan menggunakan dompeng untuk mencari emas,” tegasnya.

Salah seorang masyarakat Desa Jambu bawah inisial B yang sempat ditanyakan mengenai harapan nya kepada kepala desa yang baru mengatakan agar pemerintah desa memberikan arahan dan pembinaan kepada masyarakat sekitar yang rata-rata kembali bekerja mendulang emas di Sungai.

“Semenjak kades baru ini kami merasakan ada rezeki yang tumbuh tidak sengaja, memang peluang rezeki itu Tuhan yang atur, tetapi semenjak dipimpin beliau, kami tergugah kembali untuk mengais rezeki lewat mendulang mas. Ke depan mudahan ada pembinaan dan arahan dari pemerintah desa bagaimana bagusnya,” ungkap nya.

Posisi mendulang emas tersebut berada di RT 03 berdampingan dengan Pelabuhan Ponton. Dalam satu minggu masyarakat bisa mendapatkan emas hingga 1 gram beratnya.

“Alhamdulillah dalam empat hari kami bisa mendapatkan emas kurang lebih satu gram, disinilah kami bisa membantu suami dalam mengendalikan putaran ekonomi keluarga,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jambu Bawah Masycun Syopwan, S. ST saat dikonfirmasi mengatakan terkait wacana ke depan Insya Allah akan berusaha memperbaiki jalan lintas antar dua desa yakni Desa Jambu Bawah dan Desa Pagar Puding Lamo.

“Itu sudah menjadi target saya, mudah-mudahan dengan dukungan masyarakat setempat dan masyarakat Pagar Puding Lamo niat baik saya bisa terlaksana supaya ke depan nya masyarakat Pagar Puding Lamo bisa menyeberangkan seluruh penghasilan yang ada di desa tersebut dan desa yang saya pimpin,” ujar kades tersebut.

Salah seorang tokoh masyarakat Jambu Bawah berharap ada sinergi antara kepala desa Jambu dan kepala desa Pagar Puding Lamo. Sehingga bisa bekerjasama dalam memfasilitasi keinginan masyarakat.

“Kami masyarakat Jambu Bawah menunggu wacana kades yang baru terpilih. Kami doakan supaya kades yang baru terpilih bisa membawa kami dengan hasil yang memuaskan di saat beliau memimpin desa ini,” harapnya.

(Syafrizal)

Pos terkait