Sumbar Raih Juara Favorit Masak Serba Ikan di Peringatan Harkannas ke-9

Sumbar Raih Juara Favorit Masak Serba Ikan di Peringatan Harkannas ke-9

Sumatera Barat | TopSumbar – Sumatera Barat (Sumbar) berhasil menggaet juara favorit dalam perlombaan masak serba ikan tingkat nasional yang diadakan dalam rangkaian peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-9, di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Ketua Forikan Sumbar, Ny. Harneli Mahyeldi, didampingi Kadis Kelautan dan Perikanan Sumbar, Desniarti, pada puncak Harkannas, Senin (21/11/2022).

Acara puncak Harkannas dipusatkan di Pantai Mosing, Desa Siney, Kabupaten Perigi Moutong, yakni suatu daerah penghasil perikanan strategis dengan garis pantai sepanjang 472 kilometer.

Acara ini dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Gubernur Sulawesi Tengah, bupati walikota seluruh Indonesia, para kepala dinas perikanan dan kelautan provinsi seluruh Indonesia, dan Ketua Forikan seluruh Indonesia.

Bacaan Lainnya

Dengan mengusung tema “Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan untuk Generasi Unggul”, dalam sambutannya Sakti Wahyu Trenggono, selaku Menteri Kelautan dan Perikanan mengatakan bahwa ikan merupakan sumber protein utama yang bermanfaat untuk generasi, terlebih Indonesia sebagai negara maritim. Sumber daya ikan dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional.

“Sebagai negara maritim, ikan menjadi sumber protein utama yang memiliki manfaat bagi generasi, serta sebagai sumber pangan dalam mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional,” ujar Sakti Wahyu Trenggono

Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat, angka konsumsi ikan nasional pada 2021 mencapai 55,16 kilogram perkapita. Angka itu tumbuh 1,10 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar 54,56 kilogram perkapita. Angka konsumsi ikan pada 2024 ditargetkan sebesar 62,5 kilogram perkapita setara ikan utuh segar.

Beberapa perlombaan dihadirkan dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Ikan Nasional tahun ini, mulai dari lomba masak serba ikan tingkat nasional, selokakarya, lomba desain logo, lomba foto, hingga pameran produk 52 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari 34 provinsi.

Dari Sumatera Barat sendiri, selain Ibu Gubernur Sumbar, turut hadir Ny. Yunesti Rusmayul Anwar selaku Ketua Forikan Pesisir Selatan, Ny. Zulmiyetti Zul Elfian Umar selaku Ketua Forikan Kota Solok, serta Ny. Nurha Eva Karmila Marfendi selaku Wakil Ketua Forikan Kota Bukittinggi. (HT)

Pos terkait