Doa Sebelum Tidur : Bacaan Latin Dan Artinya Beserta Amalan – Amalan Dan Keutamannya

Setiap umat Islam perlu mengetahui doa sebelum tidur dan artinya. Setiap muslim memang dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu sebelum tidur. Tujuan membaca doa sebelum tidur adalah agar diberi ketenangan dan terhindar dari gangguan setan ketika terlelap tidur.

Umat muslim dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu saat hendak tidur dan setelah bangun di keesokan harinya. Dengan mengamalkan doa sebelum tidur, kita tidak hanya akan terhindar dari gangguan setan dan jin jahat saja namun juga bisa mendapatkan pahala. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita memanjatkan doa saat hendak tidur dan artinya.

Berikut bacaan doa sebelum tidur dan artinya beserta amalan – amalan yang bisa dilakukan sebelum tidur dan keutamaannya :

Bacaan Lainnya

1. Doa Sebelum Tidur Dan Artinya

Bacaan Latin :

Bismika rabbi wadha’tu janbî wabismika arfa’uhu faghfirlî dzanbî. Allahuma qinî ‘adzâbaka yauma tab’atsu ‘ibâdaka. Allâhumma innî a’udzubika min-syarri kulli dzî syarrin. Wa min syarri kulli dâbbatin anta âkhidzun binâshiyatihâ, inna rabbi ‘alâ shirâthin mustaqîm.

Artinya :

“Dengan nama-Mu wahai Tuhanku, kuletakkan rusukku dan dengan nama-Mu pula kuangkat tulang itu serta ampunilah dosa – dosaku. Ya Allah semoga Engkau menjagaku dari azab-Mu pada hari dimana Engkau membangkitkan hamba – hamba-Mu. Ya Allah, dengan nama-Mu aku hidup dan mati. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari keburukan segala sesuatu yang memiliki keburukan serta dari kejahatan setiap yang melata. Engkaulah yang menggenggam ubun – ubunnya. Sesungguhnya Tuhanku berada di jalan yang lurus.”

2. Amalan – Amalan Sebelum Tidur

Setelah mengetahui doa sebelum tidur beserta artinya, kita juga perlu memahami amalan – amalan yang bisa dilakukan sebelum tidur. Terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan sebelum tidur sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW, yaitu :

  • Berwudhu

Saat hendak tidur, umat Islam dianjurkan untuk melakukan wudhu seperti saat hendak salat.

  • Berbaring Ke Sebelah Kanan

Amalan – amalan sebelum tidur selanjutnya yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah bertumpu pada tubuh bagian kanan. Sebab, Nabi Muhammad sangat menyukai untuk melakukan segala hal yang baik dengan bagian kanan.

Selain itu, tidur berbaring ke sebelah kanan pun dianggap bisa membuat lebih cepat untuk bangun.

  • Menghadap Kiblat

Selain dianjurkan tidur menghadap ke kanan, kita juga sebaiknya tidur menghadap kiblat. Sebab, Rasulullah SAW juga sering melakukan pola tidur seperti ini.

  • Berzikir Kepada Allah SWT

Amalan – amalan selanjutnya yang bisa dilakukan sebelum tidur adalah berzikir kepada Allah SWT. Umat muslim dianjurkan untuk berzikir terlebih dahulu sebelum tidur karena bisa menjadi penenang hati dan batin.

3. Keutamaan Membaca Doa Sebelum Tidur

Seorang muslim yang membaca doa sebelum tidur bisa mendapatkan beberapa keutamaan seperti berikut ini :

  • Terhindar Dari Gangguan Setan

Dengan membaca doa sebelum tidur, maka seorang muslim akan terhindar dari gangguan setan.

Hal itu sebagaimana yang sudah disebutkan dalam sebuah hadis, yang artinya :

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah SAW bersabda, “Mimpi itu ada tiga macam : bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah SWT.”

  • Terhindar Dari Mimpi Buruk

Membaca doa sebelum tidur juga bisa membuat seorang muslim terhindar dari mimpi buruk. Karena itu, kita perlu mengamalkannya setiap malam. Selain berdoa, kita juga dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum tidur.

Menurut Imam Bukhari, jika ada seorang muslim yang mati saat tidur pada malam hari dan dia sudah membaca doa sebelumnya, maka dia akan mati diatas fitrah.

Pos terkait