Presiden Jokowi Lantik Abdullah Azwar Anas sebagai MenPAN-RB

Jakarta | Topsumbar – Presiden Joko Widodo formal melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) untuk sisa jaman jabatan periode tahun 2019-2024. Acara pelantikan berjalan di Istana Negara, Jakarta, terhadap Rabu, 7 September 2022.

Abdullah Azwar Anas dilantik berlandaskan terhadap Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 91/P Tahun 2022 mengenai Pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024. Dalam kesempatan tersebut, Presiden menyita sumpah jabatan menteri yang dilantik.

“Saya bersumpah bahwa aku dapat setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta dapat mobilisasi segala aturan perundang-undangan bersama dengan selurus-lurusnya demi darmabakti aku kepada bangsa dan negara. Bahwa aku di dalam mobilisasi tugas jabatan dapat menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja bersama dengan sebaik-baiknya, bersama dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, Abdullah Azwar Anas dapat mobilisasi tugas sebagai MenPAN-RB yang jabatannya kosong setelah ditinggalkan almarhum Tjahjo Kumolo yang wafat terhadap Jumat (1/7/2022) lalu.

Untuk diketahui, Abdullah Azwar Anas pada mulanya menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak Januari 2022. Sebelum menjabat di LKPP, Abdullah Azwar Anas menjabat sebagai Bupati Banyuwangi sepanjang dua periode (2010-2021).

Acara pelantikan diakhiri bersama dengan dukungan ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo untuk lantas diikuti para tamu undangan terbatas yang hadir. Turut ada di dalam acara pelantikan berikut yaitu Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md., Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua KPU Hasyim Asy’ari, dan Ketua Bawaslu Rahmat Bagja.

(HT)

Pos terkait