Sekretariat Presiden Kembalikan Teks Proklamasi Tulisan Tangan Bung Karno ke ANRI

Jakarta | Topsumbar – Sekretariat Presiden mengembalikan naskah asli teks proklamasi tulisan tangan sang proklamator Ir. Soekarno kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) terhadap Kamis, 18 Agustus 2022. Sebelumnya, dokumen bersejarah berikut ikut dihadirkan di mimbar kehormatan terhadap Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, terhadap Rabu, 17 Agustus 2022.

Naskah asli teks proklamasi diserahkan segera oleh Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Sony Kartiko kepada ANRI di dalam acara serah menerima yang berjalan di Gedung O, ANRI, Jakarta. Dalam sambutannya kala acara serah menerima naskah tersebut, Kepala ANRI Imam Gunarto, bersyukur bahwa naskah teks proklamasi tulisan tangan Bung Karno asli berikut lagi ke ANRI untuk kemudian disimpan, dilestarikan, dan diwariskan kepada generasi yang dapat datang.

“Teks proklamasi tulisan tangan asli dari Bung Karno adalah satu dasar, satu bukti utama perihal berdirinya negara kita dan prosesi teks proklamasi mengikuti acara upacara kemerdekaan tiap tiap tanggal 17 Agustus sebagai anggota untuk mengimbuhkan marwah spirit yang kuat kepada bangsa kita supaya kita seluruh tidak melewatkan spirit para pendiri bangsa bahwa negara ini dibangun untuk kepentingan kemerdekaan, untuk kepentingan kesejahteraan penduduk bersama,” ucap Kepala ANRI Imam Gunarto.

Bacaan Lainnya

Kepala ANRI pun mengucapkan menerima kasih kepada Sekretariat Presiden dan Kementerian Sekretariat Negara yang sudah mengimbuhkan peluang bagi ANRI untuk berkontribusi terhadap acara peringatan hari lagi tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan RI. Ia juga berterima kasih atas kerja sama yang baik pada ANRI dengan Sekretariat Presiden di dalam seluruh rangkaian kegiatan ini.

“Saya kira sekali lagi kita mengucapkan menerima kasih atas kerja sama yang benar-benar baik pada Sekretariat Presiden dengan Arsip Nasional Republik Indonesia,” ucapnya.

Dalam peluang yang sama, Duta Arsip Rieke Dyah Pitaloka berterima kasih kepada almarhum Sayuti Melik, B.M. Diah, dan para pahlawan pendiri bangsa yang sudah menyelamatkan arsip proklamasi tulisan tangan Bung Karno.

(HT)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait