JMSI dan SiberMu Jalin Kerjasama Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan Jarak Jauh

JMSI dan SiberMu Jalin Kerjasama Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan Jarak Jauh

TOPSUMBAR – Universitas Siber Muhammadiyah (SiberMu) telah menjalin kerjasama strategis dengan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI).

Kerjasama ini merupakan upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam dunia pendidikan tinggi jarak jauh.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara kedua lembaga ini berlangsung pada Malam Anugerah JMSI Award 2024.

Bacaan Lainnya

Berlangsung di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta Utara, pada Senin malam 19 Februari 2024.

Acara tersebut menjadi puncak peringatan hari ulang tahun ke-4 JMSI, yang merupakan bagian dari Dewan Pers.

Rektor SiberMu, Dr. Bambang Riyanta, dan Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa melakukan penandatanganan MoU tersebut.

Acara tersebut disaksikan oleh Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria, serta Wakil Ketua Dewan Pers Agung Dharmajaya, yang juga merupakan Ketua Dewan Pakar JMSI.

Kerjasama strategis ini bertujuan untuk mempercepat informasi dan meningkatkan inklusivitas pendidikan jarak jauh.

Memfasilitasi masyarakat untuk lebih mengenal SiberMu, dan memperluas pemahaman tentang pentingnya pendidikan tinggi jarak jauh.

Pimpinan Pengurus Daerah JMSI dari seluruh Indonesia juga turut hadir dalam acara ini setelah mengikuti Rapat Pimpinan Nasional pada siang harinya.

Rektor SiberMu, Dr. Bambang Riyanta, memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memperkenalkan SiberMu kepada pimpinan Pengurus Daerah JMSI dari berbagai wilayah.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang dikelola oleh Muhammadiyah, SiberMu memiliki izin prinsip dan izin operasional dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Izin prinsip SiberMu No. 0269/E.EI/KB.01.00/2021 diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada 19 April 2021. Sedangkan izin operasional No. 430/E/O/2021 yang diterbitkan pada 29 September 2021.

Sebelumnya, SiberMu bernama Muhammadiyah Online University, lalu pada Milad Muhammadiyah 18 November 2019 lalu, SiberMu diperkenalkan.

SiberMu menawarkan beragam program studi jenjang S-1, Informatika, Sistem Informasi, Administrasi Kesehatan, Hukum, Manajemen, dan Akuntansi.

Dalam kolaborasi ini, JMSI akan berperan aktif dalam mempromosikan program pendidikan jarak jauh dari SiberMu kepada masyarakat secara luas melalui anggotanya yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Selain itu, kerjasama ini juga mencakup pembuatan konten edukasi dan informasi terkait pendidikan jarak jauh, serta penyelenggaraan diskusi, webinar, dan seminar tentang pendidikan jarak jauh dan teknologi.

Rektor SiberMu, Dr. Bambang Riyanta, menyatakan bahwa kerjasama ini penting untuk memperluas jangkauan program pendidikan SiberMu.

Ia menambahkan, kerjasama tersebut juga membantu masyarakat Indonesia dalam meraih impian pendidikan mereka.

Sementara itu, Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa, meyakini bahwa kerjasama ini akan meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pendidikan jarak jauh di Indonesia.

MoU ini dianggap sebagai langkah awal dalam mendukung inklusi pendidikan tinggi jarak jauh.

Kedua belah pihak berkomitmen untuk terus memantau dan mengevaluasi efektivitas kerjasama ini, serta melakukan penyesuaian jika diperlukan.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait