Prakiraan Cuaca Sumbar Hari Ini dan Esok, Ini Penjelasan Kasmet Minangkabau

Sumbar | Topsumbar –  Cuaca wilayah Sumatera Barat hari ini, Senin (01/8) dan Esok, Selasa (02/8) diperkirakan didominasi cerah berawan. Meski demikian, potensi hujan ringan-sedang dan peringatan dini potensi hujan lebat disertai petir/kilat dan angin kencang disejumlah wilayah tetap ada.

Hal itu dijelaskan Kepala Stasiun Metreologi (Kasmet) Minangkabau, Sakimin, S.Si, dalam rilis informasi perkiraan cuaca Sumbar melalui keterangan tertulis diterima Topsumbar.co.id Minggu, (31/7/2022) siang.

Dikatakannya, pagi hingga sore hari ini cuaca wilayah Sumatera Barat didominasi cerah berawan. Namun potensi hujan ringan-sedang diperkirakan turun dibeberapa wilayah. Begitu juga potensi hujan sedang-lebat di wilayah Padang Pariaman dan Pariaman.

Bacaan Lainnya

Ia menambahkan, suhu udara hari ini dan esok berkisar 16-31 derjat celcius dengan kelembaban udara 65-95 persen. Adapun kecepatan angin hari ini bertiup dari
Barat – Utara, dengan Kec. 6-20 Km/jam. Sedangkan esok kecepatan angin bertiup dari Barat – Utara, dengan Kec. 6-20 Km/jam.

Berikut dirinci Sakimin, informasi prakiraan cuaca Sumbar, Senin, (01/8), dan Selasa, (02/8).

Senin, 01 Agustus 2022

Pagi hari: Cerah Berawan- Berawan.

Siang-Sore hari: Cerah Berawan.
Potensi hujan ringan-sedang di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman, Pasaman Barat, Limapuluh Kota, Agam, Bukittinggi, Padang Panjang, Padang, Solok, kab Solok, Pesisir Selatan.

Potensi hujan sedang-lebat di wilayah Padang Pariaman, Pariaman.

– Malam hari : Potensi hujan ringan-sedang ; Potensi hujan sedang-lebat di wilayah Limapuluh Kota, Sijunjung, Sawahlunto, Kab. Solok, Pesisir selatan, Solok Selatan, Dharmasraya.

– Dini hari : Berawan
Potensi hujan Potensi hujan ringan di Limapuluh Kota, Pasaman, Payakumbuh, Bukittinggi, Pesisir Selatan, kab. Solok, Solok Selatan, Sijunjung, Dharmasraya; Potensi hujan sedang-lebat di wilayah Kep. Menatawai, Pasaman Barat, Agam, Pariaman, Padang Pariaman, Padang.

– Suhu Udara : 16-31◦C
– Kelembaban Udara : 65-95%
– Angin : Dari Barat – Utara, dengan Kec. 6-20 Km/jam.

Peringatan Dini

Waspada potensi hujan intensitas sedang – lebat dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada siang-sore hari di wilayah Padang Pariaman, Pariaman. Pada dini hari di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Pariaman, Padang Pariaman, Padang dan sekitarnya.

Selasa, 02 Agustus 2022

Pagi hari : Berawan
Potensi hujan ringan-sedang di wilayah Kep. Mentawai, Padang Pariaman, Bukittinggi, Padang Panjang, Padang, Solok, kab. Solok, Solok Selatan, Pesisir Selatan.

Siang-Sore hari : Cerah Berawan
Potensi hujan ringan-sedang di wilayah Bukittinggi, Padang Pariaman, Kab & Kota Solok, Solok Selatan, Pesisir Selatan, Dharmasraya; Potensi hujan sedang-lebat di wilayah Limapuluh Kota, Payakumbuh, Sijunjung, Sawahlunto.

Malam hari: Berawan
Potensi hujan ringan-sedang di wilayah pasaman, pasaman Barat, Agam, Padang, Pesisir Selatan, Kab. Solok, Solok Selatan dan Dharmasraya.
Potensi hujan sedang-lebat di wilayah Pariaman, Padang Pariaman.

Dini hari : Cerah Berawan
Potensi hujan ringan-sedang di wilayah Solok Selatan, Dharmasraya.

– Suhu Udara : 16-31◦C
– Kelembaban Udara 65-95%
– Angin : Dari Barat – Utara, dengan Kec. 6-20 Km/jam.

Peringatan Dini

Waspada potensi hujan intensitas sedang-lebat dapat disertai petir/kilat pada siang hingga sore hari di wilayah Limapuluh Kota, Payakumbuh, Sijunjung, Sawahlunto ; pada malam hari di wilayah Pariaman, Padang Pariaman dan sekitarnya.

“Info prakirawan BMKG Minangkabau bisa di update melalui http://www.bmkg.go.id/, ” tutupnya.

(Alfian YN)

Pos terkait