HUT Ke-77 RI : Kemeriahan dan Kegembiraan Ala Indonesia di Warsawa

International | Topsumbar – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Warsawa, ibukota Polandia berlangsung meriah dan gembira.

Minister Counsellor for Economic Affairs (Koordinator Fungsi Ekonomi, red) KBRI Warsawa, Polandia,Taufiq Lamsuhur, mengatakan peringatan HUT ke-77 RI diawali upacara bendera, bertempat di pelataran belakang Wisma Duta Besar RI di Warsawa.

“Tepat pada pukul 10.00 Waktu Eropa Tengah (CET) tanggal 17 Agustus 2022, masyarakat Indonesia di Polandia menyelenggarakan upacara memperingati detik-detik proklamasi Kemerdekaan Indonesia, sebagai bagian dari perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022,” kata Taufiq Lamsuhur melalui keterangan tertulisnya diterima¬†Topsumbar.co.id, Jumat (19/8/2022).

Bacaan Lainnya

Disebutkannya, upacara bendera diikuti oleh hampir 200 peserta yang berasal dari berbagai kalangan WNI dan diaspora yang berada di Polandia, antara lain: PMI, pekerja professional Indonesia, PPI, diaspora Indonesia, para alumni penerima beasiswa Indonesia dan staff KBRI.

“Termasuk tamu undangan khusus adalah 2 (dua) orang Konsul Kehormatan RI, masing-masing dari Kota Krakow dan Kota Gdansk,” sebutnya.

Dubes RI,  WNI dan Diaspora menggunakan pakaian kebaya pada saat upacara guna mendukung promosi kebaya Indonesia di UNESCO.
Dubes RI, WNI dan Diaspora menggunakan pakaian kebaya pada saat upacara guna mendukung promosi kebaya Indonesia di UNESCO.

Dipaparkan Taufiq, upacara yang berlangsung dengan hikmat dan lancar ini didukung oleh pasukan Paskibraka yang dilatih langsung oleh Kol (Sus) Adi Triady, Atase Pertahanan RI untuk Polandia.

Pasukan Paskibraka disamping dengan sigap melaksanakan prosesi penaikan bendera merah putih, juga menampilkan hiburan bagi para peserta upacara dalam bentuk yel-yel dan gerakan-gerakan tari khas militer.

Kemudian untuk melengkapi kehikmatan dan makna dari kegiatan upacara bendera juga dilakukan serangkaian kegiatan terkait dengan upacara, yakni: pemberian penghargaan kepada para pegawai KBRI setempat yang berprestasi dalam penilaian rekan kerja sejawat (peer-review).

Lalu, pemotongan tumpeng oleh Dubes RI dan penyerahan potongan pertama tumpeng tersebut kepada sesepuh WNI di negara Akreditasi yakni Bapak Soegijanto Darmonegoro (86 tahun) dan ibu Wanda Widjaya (75 tahun).

“Potongan tumpeng secara simbolis juga diserahkan kepada kedua Konhor RI yang hadir pada kesempatan upacara,” paparnya.

Duta Besar RI dengan Konsul Kehormatan RI.
Duta Besar RI dengan Konsul Kehormatan RI.

Selanjutnya terang Taufiq, kegiatan terkait yang berikutnya dilakukan oleh KBRI Warsawa adalah kegiatan Bazaar produk-produk Indonesia dan pesta rakyat yang diadakan secara bersamaan.

“Untuk pertama kalinya kegiatan bazaar Indonesia diadakan dalam rangkaian HUT RI. Kegiatan bazaar produk-produk Indonesia ini adalah guna lebih mempromosikan produk-produk Indonesia di Polandia, terutama beberapa toko online Indonesia yang telah tumbuh berkembang semasa pandemi dalam 2 (dua) tahun terakhir,” terangnya.

Dirinci Taufiq, pada bazaar ini terdapat 9 (Sembilan) vendor makanan dan produk Indonesia yang tampil pada edisi HUT RI Tahun 2022, antara lain: Toko Beta, Herbal Bromo, Tempe Nusantara dan Tempe Kita.

Sementara aneka makanan khas Indonesia yang dijual adalah: tempe, tekwan, mie ayam, bakso, es cendol, cireng pangsit, sate taichan, mie kari, ayam pedas manis, mpek-mpek Bangka, mpek-mpek Palembang, dimsum ayam udang, siomay, sate Padang, lontong Padang dan jajanan pasar.

“Aksesoris dan batik Indonesia juga dijual pada kesempatan bazaar rakyat ini,” rincinya.

Dubes RI bersama Sesepuh Diaspora,  Bpk Soegijanto dan Ibu Wanda Widjaya.
Dubes RI bersama Sesepuh Diaspora, Bpk Soegijanto dan Ibu Wanda Widjaya.

Adapun tentang toko Beta, ungkap Taufiq merupakan salah satu toko online yang menjual produk-produk Indonesia di Polandia, lahir pada tahun 2020 dan dikelola oleh ibu Yeti Yolanda Tumuli.

Toko Beta secara bertahap menjual produk Indonesia di Polandia dan secara perlahan para pelanggan mulai banyak memesan produk-produk Indonesia dari yang bersangkutan.

“Saat ini Toko Beta telah memiliki surat izin berusaha dari Pemerintah Polandia dan juga memiliki kelengkapan-kelengkapan administrasi perusahaan seperti nomor pajak dan nomor izin usaha di Polandia,” ungkapnya.

Selanjutnya disebutkan Taufiq, beberapa kegiatan pesta rakyat yang dilakukan adalah tarik tambang, lomba lari karung, memasukan pensil ke botol (anak-anak), fashion show (anak-anak), tarian anak-anak, hiburan musik oleh group band KBRI Warsawa dan group Polonia serta penampilan sukarela dari para tamu yang hadir, tarian bersama Gemu Famire, berebut kursi dengan iringan musik dangdut dan penarikan door prize.

Dubes RI Anita Lidya Luhulima bersama para home staff KBRI.
Dubes RI Anita Lidya Luhulima bersama para home staff KBRI.

“Duta Besar RI Anita Lidya Luhulima sendiri turut bernyanyi dan menari bersama masyarakat Indonesia,” sebutnya.

Yang menarik dari kegiatan pesta rakyat, imbuh Taufiq adalah partisipasi dari beberapa warga negara Polandia yang sengaja datang pada acara pesta rakyat ini dan bahkan beberapa mereka sangat menikmati acara yang sifatnya penuh hiburan dan kompetisi ala Indonesia.

“Anna (20 tahun) warga negara Polandia bahkan menjadi pemenang lomba lari karung untuk kategori wanita dewasa,” imbuhnya

“Kegiatan bazaar Indonesia dan Pesta rakyat juga dihadiri perwakilan-perwakilan negara-negara ASEAN yang ada di Warsawa,” pungkas Taufiq Lamsuhur yang juga kerap menjadi pengamat isu-isu sosial.

(AL)

Pos terkait