Upaya Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Dinkes Kota Solok Adakan On the Job Training

Upaya Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Dinkes Kota Solok Adakan On the Job Training

Kota Solok | TopSumbar – Dinas Kesehatan Kota Solok mengadakan kegiatan On the Job Training (OJT), dalam rangka mendukung program pemerintah untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), di ruangan Poli Ibu, Puskesmas Tanah Garam, Selasa (19/7).

Kegiatan ini diikuti 10 orang dokter umum yang tersebar di empat Puskesmas yang ada di Kota Solok dengan menghadirkan dr. Yufi Permana, Sp.OG sebagai narasumber dr. Yufi Permana, Sp.OG merupakan dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi atau dikenal juga Obgyn, spesialisasi kedokteran ini berperan dalam kesehatan reproduksi wanita seperti menstruasi, kehamilan, persalinan, dan menopause.

Kegiatan diawali oleh sambutan Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Solok, Ns. Hartini, S.Kep, M.Biomed yang menyampaikan bahwa Kota Solok telah memiliki dokter spesialis Obgyn untuk melayani masalah kesehatan ibu dan calon ibu yang ada di Kota Solok.
“Tentunya dengan sumber daya manusia (SDM) seperti tenaga spesialis yang berkompetensi akan berdampak terhadap pemberian layanan kesehatan kepada ibu hamil, dengan harapan bisa menurunkan kematian ibu dan bayi,” sampai Ns. Hartini

Bacaan Lainnya

Hartini melanjutkan output yang diharapkan dari kegiatan ini, seluruh dokter yang melaksanakan pelayanan kesehatan di Kota Solok bisa mengaplikasikan pemeriksaan USG, serta dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada ibu hamil.

Narasumber dr. Yufi Permana, Sp.OG dalam penyampaiannya dengan pelayanan minimal bidang kesehatan, seluruh ibu mendapatkan pelayanan sesuai standar kualitas dan kuantitas. Salah satu indikatornya mendapatkan layanan pemeriksaan Ultrasonography (USG) berupa memeriksa detak jantung janin, menentukan usia kehamilan dan estimasi waktu lahir serta mencari tahu kehamilan kembar.
“Sehingga nanti dapat dilakukan screening (pemeriksaan) awal terhadap kesehatan ibu hamil dan kesiapan dalam melaksanakan persalinan nantinya,” ungkap dr. Yufi Permana, Sp.OG. (gra)

Pos terkait