Maksimalkan Kesehatan Masyarakat, Dinkes Solok Lakukan Monitoring dan Evaluasi Program PTM

Maksimalkan Kesehatan Masyarakat, Dinkes Solok Lakukan Monitoring dan Evaluasi Program PTM

TOPSUMBAR – Dinkes Kota Solok mengadakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program PTM pada Kamis, 1 Februari 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula dr. Umar Ismail Rivai, M.Kes, Dinkes Kota Solok untuk memksimalkan program PTM.

Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyebab kematian terbanyak di Indonesia, dan menempatkan isu kesehatan tersebut sebagai masalah yang mendesak.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular, dr. Hiddyaturrahmi, M.Kes, membuka pertemuan tersebut bersama Sub Koordinator PTM Ns. Jalisnawati, S.Kep,

Sebanyak 25 peserta, termasuk Kepala Puskesmas, Pemegang Program PTM, Pemegang Program Keswa, Pengelola Program Iva, dan Pengelola Program Indra turut mengadiri kegiatan tersebut.

Hiddyaturrahmi menyampaikan bahwa perubahan perilaku hidup masyarakat telah menyebabkan terjadinya transisi epidemiologi.

Artinya, masalah kesehatan utama bergeser dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular.

“Kondisi ini terjadi karena prilaku masyarakat yang cenderung tidak sehat seperti merokok, kurang konsumsi sayur dan buah. Selain iru, pola makan tidak sehat, kurang aktivitas fisik, dan konsumsi minuman beralkohol,” ujar Hiddyaturrahmi.

Tujuan pertemuan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan petugas kesehatan tentang kesehatan jiwa, napza.

Selain itu juga mendukung terbentuknya Tim Penggerak Kesehatan Jiwa dan Masyarakat (TPKJM).

Selain itu, kegiatan tersebut bertujuan mendeteksi secara dini faktor risiko penyakit tidak menular (FRPTM) pada rentang usia 15 hingga 59 tahun dan menurunkan angka kesakitan serta kematian akibat penyakit tidak menular di masyarakat Kota Solok.

Melalui pelayanan terpadu PTM, faktor risiko yang sudah terdeteksi dapat di kelola secara terintegrasi dengan program-program yang sudah berjalan di Puskesmas.

Harapannya, Puskesmas mampu melakukan upaya pencegahan dan pengendalian terpadu PTM demi terwujudnya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait