Telusuri Sebab Kematian Ibu dan Bayi, Dinkes Kota Solok Gelar Pembelajaran AMP

Kota Solok | Topsumbar – Dinas Kesehatan Kota Solok menggelar pembelajaran Audit Maternal Perinatal (AMP) yang merupakan kegiatan yang menelusuri kembali sebab kesakitan dan kematian ibu dan bayi dengan tujuan mencegah kesakitan dan kematian yang akan datang serta dalam rangka mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi, bertempat di Aula Bappeda Kota Solok, Jumat (22/7/2022).

Dihadiri oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Ns. Hartini, S.Kep.M.Biomed, Dokter Spesialis Anak dr. I.G.M Afridoni Araditha, Sp. A, Dokter Spesialis Kandungan dr. Helwi Nofira, Sp.OG, Sub Koordintor Seksi Kesehatan Keluarga Ns. Aprinur Azwira, S.Kep.M.Kep, Pj Anak, Pj Ibu, Pj Pustu, Bikor, RSIA, RS M. Natsir, RST.

Dalam sambutannya, Kabid Kesmas Hartini menjelaskan tujuan pembelajaran AMP untuk meningkatkan mutu pelayanan KIA di seluruh wilayah Kota Solok dalam rangka mempercepat penurunan angka kematian ibu dan perinatal.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Aprinur selaku Aprinur Azwira mengatakan, Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) merupakan indikator penting dalam mengukur derajat kesehatan suatu negara.

“Berdasarkan hasil Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS), angka kematian ibu di Indonesia masih tinggi, yaitu sebesar 305/100.000 kelahiran hidup, sedangkan angka kematian bayi menurut Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) adalah 24/1000 kelahiran hidup artinya kematian bayi baru lahir menyumbangkan jumlah terbesar kematian bayi,” paparnya.

Pada kegiatan itu, Dokter Spesialis Anak dr. I.G.M Afridoni Araditha Sp. A selaku narasumber memberikan materi tentang kegawatdaruratan bayi baru lahir yang didampimgi oleh Dokter Spesialis Kandungan dr. Helwi Nofira, Sp.OG yang lebih banyak menjelaskan tentang kualitas Antenatal Terpadu adalah Pelayanan antenatal komprehensif dan berkualitas yang diberikan kepada ibu hamil dengan tujuan kehamilan yang sehat, bersalin dengan selamat, dan melahirkan bayi yang sehat.

Hasil pembelajaran tim Audit Maternal Perinatal (AMP) sepakat menyatakan bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui pengkajian dan pembahasan kematian atau kesakitan ibu, perinatal dan neonatal guna mencegah kesakitan dan kematian serupa dimasa yang akan datang.

(gra)

Pos terkait