Tahun Ajaran Baru di SMPN 1 Kota Solok Diawali Upacara Bendera Setelah Terhenti Selama Pandemi

Tahun Ajaran Baru di SMPN 1 Kota Solok Diawali Upacara Bendera Setelah Terhenti Selama Pandemi

Kota Solok | TopSumbar – Setelah selesainya masa liburan sekolah selama tiga minggu lamanya, seluruh jenjang sekolah di bawah Dinas Pendidikan Kota Solok kembali memulai proses belajar mengajar seperti biasa pada Senin, 11 Juli 2022.
Walau masih dibayang-bayangi pandemi Covid-19, tetapi jiwa nasionalisme harus terus dipupuk sejak dini. Tak terkecuali di SMPN 1 Kota Solok, awal tahun pelajaran 2022-2023 dimulai dengan melaksanakan upacara bendera yang mana kegiatan ini sempat terhenti dikarenakan adanya Covid-19.

Upacara bendera SMPN 1 Kota Solok yang diadakan di dua tempat sekaligus itu berlangsung lancar, sukses dan khidmat. Kepala sekolah Hj. Yuldarmi, S.Pd menjadi pembina upacara di halaman gedung satu, sedangkan di geduang dua Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Rusdi, S.Pd menjadi pembina upacara di gedung dua.

Kepsek Hj. Yuldarmi dalam amanatnya menyampaikan kunci dalam kehidupan itu ada dua yaitu, pertama iman dan taqwa, melakukan kegiatan sesuai tuntunan agama masing-masing. Contoh bagi siswa-siswa yang beragama islam, laksanakanlah shalat tetap waktu.
“SMP Negeri 1 Kota Solok sudah mempunyai masjid dan siswa-siswa kami semuanya nanti waktu shalat zuhur bisa melaksanakannya secara berjamaah yang nanti akan dibimbing oleh bapak ibu gurunya,” ajaknya.

Bacaan Lainnya

Kunci kehidupan yang kedua adalah hormat dan patuh kepada orang tua. Segala yang dilakukan oleh orang tua adalah kebaikan untuk anak-anaknya, tidak ada orang tua yang berniat atau berdoa yang jelek untuk anaknya pasti semunya bagus dan yang terbaik.
“Doa kepada orang tua harus didukung dengan tingkah laku atau perbuatan ananda yang baik dengan cara rajin beribadah, rajin belajar, mematuhi peraturan sekolah, dan yang lainnya. Benar, Lingkungan sangat berpengaruh tapi kalau kita mempunya prinsip hidup Insya Allah kita tidak akan terpengaruh,” pesan Kepsek.

“Kita mulai kegiatan di sekolah pada 07.00 WIB, sesuai aturan bahwa pada jam tersebut tidak ada lagi siswa yang di luar perkarangan sekolah. Kegiatan paginya adalah tadarus dan literasi, baru melaksanakan PBM dan berpakaianlah sesuai dengan aturan sekolah,” sambung Kepsek.

Lebih lanjut Kepsek menyampaikan, memasuki awal tahun pelajaran ini juga dilaksanakan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah atau MPLS bagi siswa baru yaitu kelas tujuh. MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalan untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

Kemudian menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya, serta menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong. (gra)

Pos terkait