Kota Solok Raih Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Nindya

Bogor | Topsumbar – Kota Solok kembali meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Peringkat Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, di Hotel Novotel Bogor Golf Resort and Convention Center, Bogor Jawa Barat, Jumat (22/7/2022), setelah meraih penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup, pada Rabu (20/7) kemarin.

Dalam hal itu, Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar menerima langsung penghargaan yang diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, SE,M.Si, pada acara Malam Penganugerahan Apresiasi Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2022.

Penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak, melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh tim dari KemenPPPA, Kementerian/Lembaga dan Independen. Evaluasi dilakukan untuk mengukur capaian kinerja pelaksanaan 24 indikator yang telah ditetapkan.

Bacaan Lainnya

“Penghargaan KLA terdiri dari 5 peringkat yaitu, Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA. KLA merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak yang dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha,” sebut MenPPPA dalam sambutannya.

Lebih lanjut Bintang Darmawati menyampaikan, hal tersebut dilakukan dengan terencana, menyeluruh dan berkelanjutan dalam bentuk kebijakan program dan kegiatan, yang bertujuan menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

“Komitmen Lintas sektor menjadi sangat esensial dan menjadi syarat terpenuhinya hak dan perlindungan khusus anak, mengingat isu-isu yang melingkupi anak sangat kompleks dan multisektoral,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Solok yang didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Delfianto, Kepala Bagian Umum Zulfadrim, selepas acara mengatakan, bahwa melalui penghargaan Kota Layak Anak Peringkat Nindya yang diterima malam itu meningkat dari sebelumnya peringkat Madya membuktikan bahwa terjadi peningkatan penguatan seluruh stakeholder Kota Solok dalam memenuhi hak dan melindungi anak-anak.

Wako Zul Elfian juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bersinergi khususnya kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan program dan kegiatan perlindungan anak.

Di samping itu, Wako juga menekankan agar seluruh OPD, Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha dan Media Massa berkolaborasi kuat agar pada tahun 2023 Kota Solok harus meraih penghargaan tingkat Utama atau bahkan Kategori Kota Layak Anak.

(gra)

Pos terkait