Wali Kota Solok Optimis Ikuti Penilaian Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah

Kota Solok | Topsumbar – Wali Kota Solok H. Zul Efian Umar, mengarahkan perangkat daerah terkait di lingkungan Pemerintah Kota Solok agar berkoordinasi dengan Kementerian/ Lembaga terkait serta Balitbang Kota Solok untuk mempersiapkan penilaian Kepala Daerah yang dinilai terbaik dan akan menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri.

Penghargaan tersebut berupa piagam dan trophy yang disampaikan langsung oleh Mendagri kepada kepala daerah. Penghargaan diberikan setiap akhir tahun melalui gelaran Leadership Award yang digelar oleh Badan Litbang Kemendagri.

Balitbang yang menyelenggarakan fungsi penelitian dan pengembangan di Kota Solok berperan dalam membantu pengumpulan data dan informasi untuk pengukuran dan penilaian IKKD Wali Kota Solok.

Bacaan Lainnya

Kepala Balitbang Kota Solok, Jonedi menuturkan, “Wali Kota Solok melalui Balitbang Kota Solok telah mempersiapkan penilaian IKKD sejak bulan April lalu, sebelumnya telah dilakukan konsultasi dan koordinasi ke Kemendagri RI terkait IKKD ini,” jelas Jonedi, Rabu (8/6).

Saat ini, Tim dari Balitbang melakukan koordinasi tentang persiapan penilaian dengan OPD dan instansi terkait di lingkungan Pemerintah Kota Solok seperti Kantor Kemenag, Bappeda, BKD, Inspektorat, Diskominfo, Bagian Organisasi, Bagian Pemerintahan serta Kesbangpol.

Setelah proses tersebut, tim dari Balitbang akan mengumpulkan dokumen pendukung untuk persiapan mengikuti penilaian Tahap I yaitu pengukuran dan penilaian terhadap variabel kinerja pemerintah daerah.
“Semoga Wali Kota Solok dapat menjadi nominator pada tahap I ini dan bisa mengikuti tahap II yaitu pengukuran dan penilaian terhadap variabel kepemimpinan pemerintah daerah dan ditetapkan menjadi Kepala Daerah Terbaik,” harap Jonedi.

(gra)

Pos terkait