Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Solok · 2 Jun 2022 15:10 WIB ·

Pemko Solok Kembalikan Keberadaan Burung Belibis Di Destinasi Wisata Pulau Belibis


 Pemko Solok Kembalikan Keberadaan Burung Belibis Di Destinasi Wisata Pulau Belibis Perbesar

Kota Solok | Topsumbar – Pemerintah Kota Solok berinisitif untuk mengembalikan kembali keberadaan burung belibis di lokasi wisata Pulau Belibis, Kelurahan Kampung Jawa dengan melakukan penangkaran tiga pasang burung Belibis.

Keberadaan burung belibis itu sendiri sekaligus untuk menjawab pertanyaan banyak pihak atas penamaan Pulau Belibis di lokasi objek wisata kebanggaan Kota Solok. Maka dari itu, tiga pasang burung belibis didatangkan dari penangkaran di Jawa untuk dilakukan uji coba penangkaran di Pulau Belibis.

Dalam hal itu, Wali Kota Solok Zul Elfian Umar meninjau langsung rencana lokasi penangkaran burung belibis di Kawasan Taman Wisata Pulau Belibis, didampingi Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jefrizal, S.Pt, MT dan Kepala OPD terkait, Senin (30/5).

Wako Zul Elfian mengatakan, seiring berjalannya waktu keberadaan burung Belibis di kawasan Pulau Belibis, Ampang Kualo ini sudah tidak ditemukan lagi.
Wako berharap agar tiga pasang burung belibis tersebut bisa berkembang dan dengan keberadaannya nanti bisa menambah kembali daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

“Kawasan Pulau Belibis terus ditata agar semakin menarik dan menjadi salah satu destinasi favorit di Sumatra Barat,” ucap Wako.

Kawasan Pulau Belibis menjadi objek wisata unggulan Kota Solok. Objek wisata dengan konsep wisata keluarga itu pernah menjadi destinasi favorit di era 90-an. Konon, nama Pulau Belibis disematkan lantaran dulu menjadi habitat bagi Burung Belibis.

Seiring berkembangnya kawasan wisata Pulau Belibis Ampang Kualo, keberadaan hewan dengan nama latin Dendrocygna di kawasan tersebut kian berkurang. Bahkan saat ini sudah tidak ditemukan.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Elvi Basri menyebutkan, tahun ini Kota Solok juga mendapat dukungan anggaran dari Provinsi Sumatra Barat untuk pengembangan Pulau Belibis. Salah satunya bantuan pembangunan doom untuk penangkaran Burung Belibis.

“Saat ini juga sudah didatangkan tiga pasang Burung Belibis untuk dikembangbiakkan di kawasan Pulau Belibis. Kita masih menyiapkan lokasi dan fasilitas dan sarana untuk penangkaran. Ini nanti juga akan jadi destinasi baru, pengunjung bisa melihat langsung Burung Belibis,” sebutnya.

(gra)

Hits: 7

Artikel ini telah dibaca 60 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Rang Solok Baralek Gadang 2022 Berakhir, Gubernur Mahyeldi: Tahun Depan Harus Lebih Meriah Lagi

25 September 2022 - 11:56 WIB

25 September 2022 - 11:50 WIB

Event Rang Solok Baralek Gadang Hadirkan Permainan Anak Nagari

23 September 2022 - 12:13 WIB

Semarak Pembukaan Event Rang Solok Baralek Gadang

22 September 2022 - 12:09 WIB

Awali Rangkaian Rang Solok Baralek Gadang, 400 Peserta Kelompok Tani Ikuti Prosesi Batulak Bala

22 September 2022 - 12:02 WIB

Ayo ke Solok, Semarak Rang Solok Baralek Gadang 2022 Dimulai

22 September 2022 - 10:05 WIB

Trending di Solok