Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Pesisir Selatan · 26 Apr 2022 23:04 WIB ·

Polres Pesisir Selatan Tetapkan Empat Orang Tersangka Kasus Korupsi


 Polres Pesisir Selatan Tetapkan Empat Orang Tersangka Kasus Korupsi Perbesar

Pesisir Selatan–Kepolisian Resort (Polres) Pesisir Selatan, telah menetapkan 4 orang tersangka pasca Operasi Tangkap Tangan (OTT) diruangan unit Layanan pengadaan barang dan jasa di sekretariat kabupaten pesisir selatan pada Rabu (20/4) kemarin.

“Setelah kita melakukan gelar perkara pada Jumat (22/4) di Polda Sumbar, dari hasil proses langsung menetapkan 4 orang tersangka,” kata Kapolres Pessel, AKBP. Sri Wibowo melalui Kepala Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Pessel. AKP. Hendra Yose, kepada Wartawan, Selasa (26/4) di ruangannya.

Ia mengatakan penetapan tersangka terhadap 4 orang tersebut setelah terpenuhinya dua alat bukti yang cukup yaitu uang dan dokumen. Empat tersangka itu adalah YN, DS, NF dan N.

“Setelah dimintai keterangan serta adanya dua alat bukti yang cukup, maka kami tetapkan 4 orang sebagai tersangka dalam OTT yang dilakukan waktu itu. Dari 4 orang ini, tiga ASN dan satunya lagi rekanan,” katanya.

Pada peristiwa OTT kemarin,kata dia, pihaknya hanya mengamankan sebanyak 4 orang dimana terdiri dari 3 orang pokja (ASN -Red) dan 1 orang pihak rekanan.

“Jadi bukan lima orang, dan diruangan kami peroleh uang tunai serta dokumen, dan setelah kami gelar perkara langsung kita tetapkan sebagai tersangka,”bebernya.

Dikatakanya, pada saat pengamanan dilakukan oleh pihaknya hanya diamankan sebanyak 4 orang, dan dalam hal tersebut Naswin Hakim sebagai Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa turut serta dimintai keterangan.

“Bukan berarti yang bersangkutan (Naswin-Red) ikut serta dalam OTT itu, beliau hanya kita mintai keterangan,”sambungnya.

Ia menyampaikan, bahwasanya terhadap 4 orang tersebut diberlakukan proses hukum yang berbeda yaitu terhadap 3 orang yang berstatus ASN dan 1 orang lagi pihak rekanan.

“Jadi, terhadap ASN kita jerat dengan Pasal 12 A Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun penjara.

Sedangkan pihak rekanan di ancam dengan Pasal 12 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi Pasal 5 dengan ancaman minimal 1 tahun serta maksimal 5 tahun penjara,” kata dia.

“Dan saat ini ke empat tersangka telah didampingi Penasehat Hukum dan tidak dilakukan penahanan,” tutupnya.

(Re)

Hits: 0

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kasi Pidsus Kejari Pessel: Tidak Tertutup Ada Tersangka lain, Tunggu Fakta Persidangan

1 Oktober 2022 - 15:57 WIB

Pemkab Pessel Belanja Kontainer Sampah Rp115 Juta

30 September 2022 - 12:02 WIB

Mantan Dirut dan Kepala Teknik PDAM Tirta Langkisau Menggunakan Rompi Tahanan Kejaksaan

28 September 2022 - 11:10 WIB

Rp6,6 Miliar Bangun 7 RMU Modern di Pesisir Selatan

28 September 2022 - 10:48 WIB

IPI Kabupaten Pesisir Selatan Periode 2022-2025 Dikukuhkan

28 September 2022 - 05:48 WIB

“Sapu Jagat” Amankan Dua Pemuda

27 September 2022 - 13:55 WIB

Trending di Pesisir Selatan