Tanggap Bencana, PKS Pasbar Mulai Bersihkah Puing Masjid Raya Kajai

Pasaman Barat | Topsumbar – Relawan kemanusiaan yang tergabung dalam Tim Operasi Tanggap Darurat Bencana (TDB) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, terpantau mulai membersihkan puing Masjid Raya Kajai, Kecamatan Talamau, sejak Kamis (03/03).

Koordinator Relawan DPD PKS Pasaman Barat, Indra Budiman MA, mengatakan kegiatan tersebut masih rangkaian aksi kemanusiaan pasca gempa yang telah meluluhlantakkan sejumlah wilayah di kaki Gunung Talamau.

“Khusus giat hari ini kami mengoperasikan satu unit alat berat dan dibantu dua unit dump truck untuk pembersihan puing, bantuan dari Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat atas nama Rahmat Saleh dan M.Ihpan,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Disamping itu, juga diterjunkan tenaga tambahan relawan provinsi dan juga dibantu organisasi kemanusiaan, Relawan Indonesia ( Relindo), untuk pembiayaan upah supir dan operator alat berat.

Sebelumnya, lanjut Indra, pada giat hari pertama tanggap darurat pihaknya mendirikan dapur umum sebanyak enam unit masing-masing tersebar di titik permukiman terdampak bencana seperti di Kajai, Timbo Abu dan Padang Tujuh.

Untuk pengkoordinasiannya, jelas Indra, pihaknya mengaktifkan Posko Utama TDB di Kantor DPD PKS Pasaman Barat dan membuka satu posko lapangan di Nagari Kajai.

“Alhamdulillah kami bisa melayani sekitar 500 jiwa warga terdampak untuk setiap harinya, ” ulasnya.

Disamping pendirian fasilitas dapur umum, pihaknya juga membuka layanan kesehatan dengan dibantu tiga unit mobil Ambulance Yankes dan turut membantu evakuasi korban bencana.

Untuk kegiatan kedepan, pihaknya akan membantu menyediakan hunian sementara bagi kader dan simpatisan sesuai kemampuan dan anggaran yang ada.

“Menjelang Ramadhan, akan diupayakan pembangunan Masjid secara permanen di Kajai dan diupayakan bisa dimanfaatkan menjelang Ramadhan tahun ini, “tutupnya.*

(Rully Firmansyah)

Pos terkait