Dinsos P3A Padang Pariaman Serahkan Bantuan untuk Korban Bencana Kebakaran

Padang Pariaman | Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Padang Pariaman serahkan bantuan logistik untuk Korban Bencana Kebakaran yang menimpa warga Nagari Punggung Kasiak, Lubuk Alung pada hari Rabu (09/03/2022) di lokasi kejadian.

Sebelumnya sempat dilaporkan bahwa telah terjadi kebakaran dikorong Ambacang Nagari Pungguang Kasiak Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung pada hari Selasa (8/3/22) sekitar pukul 15.25 WIB yang menyebabkan hangusnya dua buah bangunan rumah milik warga yaitu Vetna Yulita (33) dan Fitri Yanti (45), dari kejadian dilaporkan tidak ada korban jiwa.

Menanggapi kejadian tersebut, Dinsos P3A Kabupaten Padang Pariaman melalui Bidang Perlidungan dan Jaminan Sosial lansung melakukan Assesment terkait kejadian terebut dengan melibatkan pilar sosial lapangan yaitu tenaga Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), setelah mengantongi informasi dan data korban Tim Rescue Dinsos P3A Kabupaten Padang Pariaman dibawah komando Nasmi Panala, SH., MH langsung mengantarkan bantuan logistik berupa paket sembako yang terdiri dari Beras, Telor, Air Mineral, Foodware, Mie Instan, Selimut Tebal, Kain Sarung, Terpal dan kebutuhan lainnya untuk kebutuhan dasar dalam masa tanggap sementara menjelang pulihnya keberlangsungan hidup para korban.

Bacaan Lainnya

“Rasa prihatin dan permintaan maaf dari Bupati Padang Pariaman atas ketidak hadiranya dalam musibah ini, namun sesuai arahan Bapak Bupati Padang Pariaman kita lakukan hal yang terbaik dan secepatnya untuk hadir ditengan tengah para korban kebakaran ini sebagai wujud kehadiran pemerintah untuk masyarakat,” tuturnya sambil menyerahkan secara simbolis paket bantuan.

Diakhir pembicaraan beliau juga berpesan kepada semua yang hadir “Bahwa Allah, S.W.T tidak akan memberikan cobaan kepada umatnya melebihi kemampuannya,” pungkasnya mengakhiri.

Sementara itu pejabat fungsional Bagian Kebencanaan Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos P3A Kabupaten Padang Pariaman yang membidangi secara teknis pengantaran bantuan ini Ali Aripin, S.Sos, MM disela-sela pembukaan kegiatan mengatakan.

“Untuk bantuan logistik begitu kita dapat informasi langsung disiapkan dan diantar langsung kelokasi demi pemenuhan kebutuhan dasar para korban, walau bantuan ini hanya secukupnya,” tuturnya.

Selain bantuan logistik Dinsos P3A Kabupaten Padang Pariaman bersama dengan Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) Program Keluarga Harapan (PKH) juga melakukan trauma healing kepada lingkungan dan keluarga para korban yang terdampak bencana ini, pada kesempatan ini nampak hadir koordinator PKH Kabupaten Padang Pariaman Ramadhanil, S.Kom, Koordinator PKH Kecamatan Lubuk Alung Suryeni, SE dan Koordinator PKH Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Imrizal, S.Pt.

Kegiatan penyerahan bantuan ini juga dihadiri oleh Kasi Kesra Nagari Punggung kasiak lubuk Alung Cendra Gusti,v A.Md, dalam kesempatan ini dia mengatakan,“ Kami atas nama Pemerintahan Nagari Punggung Kasiak Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung mengucapkan ribuan terima kasih atas tanggapan yang sangat cepat dari Dinsos P3A Kabupaten Padang Pariaman semoga hal ini menjadi amal ibadah bagi kita semua,” pungkasnya.

Juga turut hadir Wali Korong Ambacang Nagari Punggung Kasiak lubuk Alung Indra Yulisyam beserta Tokoh Masyarakat sekitarnya.

(Rita)

Pos terkait