Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak 2024

Kota Solok | Topsumbar – Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati, S.Pd mengikuti kegiatan peluncuran hari pemungutan suara pemilihan umum serentak tahun 2024 melalui siaran langsung kanal YouTube Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia. Bersama dengan Forkopimda dan perwakilan Partai Politik, bertempat di ruang pertemuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok, pada Senin (14/2/2022) malam.

Ketua Bawaslu Kota Solok dalam sambutannya menyampaikan, dengan adanya launching Pemilu 2024, ini menandakan bahwa Pemilu akan dilaksanakan dua tahun yang akan datang, tepat di tanggal 14 Februari 2024.

“Dua tahun itu bukanlah waktu yang panjang, karena kita mesti mempersiapkan segala sesuatunya. Dari sisi penyelenggara Pemilu mesti meningkatkan segala yang perlu dipersiapkan termasuk kualitas diri, kualitas SDM dari penyelenggara Pemilu dan juga kualitas dari pelaksanaan Pemilu itu sendiri,” kata Triati.

Bacaan Lainnya

“Begitu juga dengan pengawasan, sehingga hal ini menjadi sesuatu hal yang krusial, sangat penting sekali agar Pemilu nantinya dipersiapkan secara matang. Masing-masing lembaga institusi memiliki peranannya masing-masing, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Bawaslu sebagai pengawas dan KPU sebagai tenaga teknis memiliki fungsi dan peranan masing-masing, maka kita mesti memantapkannya dari saat ini,” sambung Triati.

Lebih lanjut dikatakan, peranan partai Politik sangat krusial untuk bisa menyampaikan sosialisasi ini ke tengah-tengah masyarakat, sehingga masyarakat bisa menerima seluruh informasi.

Tidak bisa hanya tugasnya KPU, Bawaslu, Pemerintah Daerah, TNI dan Polri, tetapi semua pihak memiliki tanggungjawab untuk bisa memberikan sosialisasi apapun terkait pelaksanaan Pemilu. Sehingga dalam hal ini mesti dipersiapkan sedari dini bagaimana persiapan Pemilu itu bisa dilaksanakan secara maksimal.

“Mari kita bersama-sama saling bahu-membahu, sesuai dengan tugas dan pokok serta fungsi kita masing-masing dalam proses mewujudkan pelaksanaan Pemilu 2024,” pesan Triati.

Ketua KPU Kota Solok, Asraf Danil H, S.Sos, MM. mengucapkan terimakasih atas kehadiran semua pihak yang hadir.”Launching ini menandakan bahwa Gong pemilu 2024 sudah dimulai sehingga kita semuanya mesti mempersiapkan diri, baik kami sebagai penyelenggara Pemilu maupun seluruh pihak juga mesti mempersiapkan diri. Persiapan dari pelaksanaanya maupun pesertanya,” katanya.

Pemerintah Daerah yang diwakili oleh Asisten Pemerintah dan Kesra, Drs. Nova Elfino, menyampaikan pihaknya siap untuk memfasilitasi sesuai dengan tugas pokok dari pemerintah daerah.

“Pemilu itu anggarannya dari APBN, sedangkan untuk pemilihan yang juga diselenggarakan tahun 2024 disiapkan oleh pemerintah daerah. Kita berharap pengalaman yang sudah jangan sampai kita masuk yang nomor terakhir dalam penandatanganan NPHD nantinya. Maka dari sekarang mesti sudah dibicarakan dan disampaikan, sehingga kita tidak termasuk kloter terakhir dalam penandatanganan NPHD,” tutur Nova Elfino. (gra)

Pos terkait