Korban Gempa Pasbar Bertambah, Gempa Susulan Terus Terjadi

Pasaman Barat | Topsumbar – Gempa berkekuatan 6,2 SR yang mengguncang Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jum’at (25/02), menimbulkan korban jiwa.

Setelah sebelumnya dilaporkan terdapat 3 (tiga) orang korban meninggal dunia. Kembali Satu orang korban meninggal dunia ditemukan lagi dibawah reruntuhan Masjid pasar Kajai.

“Diduga berjenis kelamin laki-laki. Malam ini masih dalam proses evakuasi,” ujar Rully Firmansyah wartawan Topsumbar.co.id koordinator Pasaman Barat dan Pasaman dari lokasi bencana.

Bacaan Lainnya

Rully juga melaporkan gempa susulan terus terjadi.

“Saat ini seluruh lini bergerak memasang tenda pengungsian hingga malam. Cuaca buruk,” terangnya.

Dikutip dari laporan situasi bencana berdasarkan laporan relawan kecamatan dan nagari yang dirilis PMI Kabupaten Pasaman Barat Luka parah tercatat satu orang mengalami luka berat, puluhan orang luka ringan.

Untuk situasi penanganan terbaru, tercatat sebanyak lima ribu jiwa warga terdampak bencana terpaksa mengungsi dan tersebar di 35 titik pengungsian.

Kemudian untuk data kerusakan sementara hingga Jum’at sore tercatat sebanyak 150 unit rumah dalam kondisi rusak berat dan 350 unit rusak sedang dan ringan.

Kepala Markas PMI setempat, Rida Warsa, mengatakan untuk titik lokasi permukiman paling parah terjadi di wilayah Kenagarian Kajai Kecamatan Talamau.

“Pihak PMI sudah bersiap mendirikan tenda pengungsian dan dapur umum, ” tutupnya.

Laporan situasi terakhir di lokasi terdampak paling parah itu, jaringan seluler tidak berfungsi dan arus listrik terputus.

Sementara kondisi masyarakat saat ini mengalami kesulitan mendapatkan air bersih karena sumur-sumur mengalami kekeringan pasca gempa dan air sungai terlihat keruh. *

(Al/Ha/Rully)

Pos terkait