Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Solok · 23 Jan 2022 22:18 WIB ·

Saka Adhyasta Pemilu Adakan Kegiatan Konsolidasi Perdana Tahun 2022


 Saka Adhyasta Pemilu Adakan Kegiatan Konsolidasi Perdana Tahun 2022 Perbesar

Kota Solok | Topsumbar – Dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) dan pemilihan Serentak Tahun 2024, Satuan Karya Pramuka (Saka) Adhyasta Pemilu Kota Solok laksanakan kegiatan konsolidasi perdana di tahun 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Bawaslu Kota Solok dan dihadiri oleh pimpinan beserta jajaran sekretariat Bawaslu Kota Solok bersama anggota Pramuka Penegak maupun Pandega Kwarcab Solok, Minggu, 16 Januari 2022.

Kegiatan Konsolidasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pendidikan politik kepada para anggota Pramuka Penegak maupun Pandega mengenai proses pelaksanaan dan pengawasan Pemilu yang akan dilaksanakan tahun 2024 nanti. Di antaranya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang pencegahan, pengawasan dan penanganan pelanggaran Pemilu.

Keberadaan Saka Adhyasta Pemilu menjadi wadah kegiatan keadhyastaan (Pengawasan) Pemilu. Diantaranya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang pencegahan dan pengawasan Pemilu. Juga menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pengawasan partisipatif.
Sebagai pemateri pada kegiatan ini yaitu Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Solok, Rafiqul Amin, menjelaskan mengenai upaya pencegahan pelanggaran Pemilu di Kota Solok. Kemudian Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Solok, Budi Santosa, memberikan materi tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu di Kota Solok.

Melalui kegiatan Konsolidasi Anggota Dewan Saka Adhyasta Pemilu Bawaslu Kota Solok ini, diharapkan agar bisa memberi bekal kepada Penegak (Pramuka SMA/SMK) dalam pengawasan Pemilu tahun 2024 nanti, serta dapat menjadi pelopor dalam megayomi masyarakat untuk nantinya ikut serta dalam pengawasan Pemilu/ Pemilihan di Kota Solok.

Saka Adhyasta Pemilu merupakan salah satu program pengawasan partisipatif yang dibentuk Bawaslu dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi pasyarakat dalam pengawasan pemilu, menciptakan Pemilu yang Bebas, Umum, Langsung dan Rahasia, menjadi sekolah demokrasi bagi anggota Pramuka di bidang pengawasan pemilu dan memberikan pendidikan khusus pengawasan pemilu bagi anggota Pramuka. (gra)

Hits: 3

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Rang Solok Baralek Gadang 2022 Berakhir, Gubernur Mahyeldi: Tahun Depan Harus Lebih Meriah Lagi

25 September 2022 - 11:56 WIB

25 September 2022 - 11:50 WIB

Event Rang Solok Baralek Gadang Hadirkan Permainan Anak Nagari

23 September 2022 - 12:13 WIB

Semarak Pembukaan Event Rang Solok Baralek Gadang

22 September 2022 - 12:09 WIB

Awali Rangkaian Rang Solok Baralek Gadang, 400 Peserta Kelompok Tani Ikuti Prosesi Batulak Bala

22 September 2022 - 12:02 WIB

Ayo ke Solok, Semarak Rang Solok Baralek Gadang 2022 Dimulai

22 September 2022 - 10:05 WIB

Trending di Solok