Musrenbang Kelurahan Nan Balimo Akan Mampu Bangun Kesepahaman Bersama

Solok | Top Sumbar – Musrenbang kelurahan merupakan salah satu wadah dalam menyusun program kelurahan di semua bidang. Selain itu, Musrenbang dilaksanakan untuk menyusun rencana anggaran dan kegiatan pada tahun berikutnya.

Dengan adanya Musrenbang diharapkan akan mampu membangun kesepahaman bersama tentang kepentingan dan kemajuan kelurahan, dengan cara memotret potensi serta sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar kelurahan.

Kelurahan Nan Balimo, Kota Solok mengadakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Lurah Nan Balimo pada Rabu (26/1/2022) dengan dihadiri oleh Lurah, Camat, LPMK, Bappeda, serta perwakilan dari tokoh masyarakat Kelurahan Nan Balimo.

Bacaan Lainnya

Pada Musrenbang kali ini diharapkan segala kegiatan yang diputuskan nantinya dapat mengikutsertakan masyarakat sehingga masyarakat dapat berpartisipasi secara langsung dalam pembangunan Kelurahan Nan Balimo.

Dalam kegiatan ini peserta yang hadir dibagi menjadi beberapa kelompok seperti kelompok sosial, kelompok keagaamaan, kelompok masjid dan sebagainya. Setiap kelompok diminta untuk membuat usulan kegiatan yang akan dilaksanakan dari masing-masing kelompok. Usulan yang terkumpul nantinya akan dilaksanakan di kelurahan. Usulan dari masing-masing kelompok paling lambat pada 31 Januari 2022 dan diserahkan pada OPD yang membawahi kegiatan masyarakat tersebut.
Anggaran yang disediakan secara umum hampir sama dengan anggaran kelurahan sebelumnya yakni berkisar antara 150 juta hingga 200 juta. Seluruh anggaran digunakan untuk kegiatan pembangunan sarana dan prasarana, ekonomi dan sosial budaya.

Camat Tanjung Harapan yang turut hadir pada kegiatan ini menyampaikan, “Kami berharap agar usulan masing-masing kelompok dapat dibuat secepatnya. Bila ada usulan yang berhubungan atau sama silahkan digabungkan saja,” pungkas Feri Agriadi. (gra)

Pos terkait