Membangkitkan Peran Karang Taruna Kelurahan dan Kecamatan

Kota Solok | Topsumbar – Dinas Sosial Kota Solok melakukan pembinaan terhadap pengurus Karang Taruna Kota Solok, dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kota Solok, Kabid Bantuan Kesejahteraan Sosial (BKS), Kasi Pemberdayaan Sosial Lembaga dan Keluarga, serta Pengurus Karang Taruna Kelurahan se-Kota Solok, Selasa (25/1/2022).

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Kota Solok, Zulfadli. Pada sambutannya Zulfadli menyampaikan Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah kelurahan, yang terutama bergerak di bidang kesejahteraan sosial.

“Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada,” katanya.

Mengingat sangat strategisnya fungsi Karang Taruna tersebut, Kadis Sosial berpesan pada seluruh pengurus Karang Taruna, bahwa Karang Taruna harus berperan aktif terhadap lingkungan sosial dimulai dari lingkup terkecil, yaitu lingkungan RT dan RW.

“Karang Taruna juga harus berinovasi dalam semua aspek. Mulai dari ekonomi, olahraga, budaya, dan sosial untuk menciptakan lahan pekerjaan bagi pemuda pemudi, serta mengangkat ekonomi dalam mengentaskan kemiskinan yang ada di kelurahan, oleh sebab itu sudah saatnya pengurus Karang Taruna Kota Solok bangkit dan mengaktifkan kembali semua kepengurusan Karang Taruna mulai dari kelurahan sampai ke tingkat kecamatan,” harap Kadis.

Selanjutnya, Kepala Bidang Bantuan Kesejahteraan Sosial, Anton Setiadi, SE, ME dalam sambutannya mengarahkan agar peserta kegiatan ini mampu mengeksplorasi potensi yang ada di lingkungan sekitar dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial yang berbasis pada sumber daya yang tersedia serta memaksimalkan keahlian asli pemuda-pemudi anggota Karang Taruna.

“Karang Taruna Kota Solok memiliki Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang bergerak dalam jasa karangan bunga, mari kita maksimalkan usaha tersebut dengan berkolaborasi dengan semua stakeholder yang ada, agar anggota Karang Taruna Kota Solok sering melakukan koordinasi dan konsolidasi Dinas Sosial Kota Solok telah memfasilitasi sekretariat yang mudah dijangkau,” jelasnya.

Selanjutnya, narasumber ketiga, Ketua Karang Taruna Kota Solok, Syafrizal, ST menyampaikan materi tentang Karang Taruna dan dasar-dasar organisasi Karang Taruna dan peran serta di masyarakat yang selanjutnya memandu persiapan Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) dan Bulan Bhakti Kesejahteraan Sosial (BBKS) tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022.

Pada akhir acara, Kadis Zulfadli juga menyampaikan pada tahun 2022 ini Kota solok merupakan tuan rumah dalam pelaksanaan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) dan Bulan Bakti Kesejahteraan Sosial (BBKS).

“Saya berharap agar acara tersebut direncanakan dengan matang dan sebaik mungkin,” tutup Zulfadli. (gra)

Pos terkait