Kelurahan Tanjung Paku Terima Piagam Desa Wisata Binaan dari Kemenparekraf RI

Kota Solok | Topsumbar – Bertepatan dengan kegiatan Musrenbang tingkat kelurahan yang digelar pada Rabu, 19 Januari 2022, Pemerintah Kelurahan Tanjung Paku menerima penyerahan piagam penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Prestasi yang dicapai ini berkat keikutsertaan dalam ajang ADWI 2021 yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Kelurahan Tanjung Paku mampu menembus 300 besar Desa Wisata terbaik.

Penyerahan piagam penghargaan ini diserahkan oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Solok, Novri Aprilizen, S.STP, M.Si kepada Lurah Tanjung Paku, Sasmeldi S. M., S.Sos, bertempat di aula Kelurahan Tanjung Paku.
Daftar 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 telah diumumkan pada Agustus tahun lalu oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf RI) Sandiaga Salahuddin Uno. Sumatera Barat menempati posisi terbanyak pertama dengan meloloskan 32 desa wisata pada tahap 300 besar, salah satunya Kelurahan Tanjung Paku dengan destinasi unggulannya obyek wisata Taman Kitiran.
ADWI 2021 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf/ Baparekraf. Ajang ini bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi. Melalui ajang ini juga diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi desa wisata berkelanjutan. Selain itu, juga mampu meningkatkan kualitas desa wisata di Indonesia.
ADWI 2021 mengangkat tema “Indonesia bangkit”. Tema ini diharapkan dapat mendorong semangat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata untuk kembali bangkit pasca pandemi COVID-19.
Ajang ini sekaligus menjadi momen yang tepat untuk mendongkrak ekonomi kerakyatan secara nasional. Pasalnya seluruh desa wisata tetap akan memperoleh keuntungan dari berlaga di ADWI 2021. Karena seluruh desa wisata yang terdaftar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia otomatis masuk dalam Jaringan Desa Wisata Indonesia (Jadesta). Bergabung dengan Jadesta memberikan banyak keuntungan bagi desa wisata. Salah satunya, desa wisata tersebut akan dipromosikan kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.
Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Pariwisata menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya karena dalam kondisi pandemi Covid-19, Kelurahan Tanjung Paku masih dapat mengukir prestasi.
“Daerah tercinta kita Kelurahan Tanjung Paku selalu memberikan prestasi yang terbaik, tiada hari tanpa inovasi. Desa Wisata yang menyambut pengunjung dengan ramah dan menciptakan kenyaman dalam berwisata. Kelurahan Tanjung Paku diberikan penghargaan oleh negara, ini merupakan kado di penghujung tahun 2021 untuk Tanjung Paku,” ucap Novri Aprilizen yang sebelumnya menjabat Camat Lubuk Sikarah.
“Saya berharap agar prestasi yang ada ini minimal kita pertahankan bahkan harus ditingkatkan menjadi yang terbaik pada ajang berikutnya. Ibarat permata, makin digosok makin bersinar,” sambungnya.
Acara diakhiri dengan sesi foto bersama dengan Lurah dan Ketua LPMK Kelurahan Tanjung Paku. (gra)

Pos terkait