Bupati Pesisir Selatan Resmikan Masjid Taqwa Tabek Batang Kapas

Pesisir Selatan | Topsumbar – Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menghadiri peresmian perubahan status Surau Taqwa menjadi Masjid Taqwa Tabek di kecamatan Batang Kapas, Jumat (14/01)

Dalam sambutannya, Bupati Rusma Yul Anwar mengatakan masjid dalam tradisi masyarakat Minangkabau yang telah kita wariskan secara turun menurun biasa disebut Surau.

Selain digunakan untuk beribadah, masjid diharapkan juga dapat digunakan sebagai tempat pendidikan untuk penanaman nilai-nilai agama kepada generasi muda.

Bacaan Lainnya

Kita mengenal tokoh-tokoh nasional yang berasal dari Minangkabau seperti Bung Hatta, Agus Salim, Buya Hamka dan lainnya yang merupakan tokoh yang lahir dan dibesarkan dari lingkungan surau atau masjid.

“Artinya peran dan fungsi masjid yang telah di praktekkan para pendahulu kita ternyata sangat efektif untuk membina dan membentuk akhlak, moral dan intelektual masyarakat,”terang Bupati

Lanjutnya, Namun kita menyadari semua, pada saat ini fungsi masjid telah mengalami penurunan. Sebagian masjid hanya digunakan sebagai tempat ibadah sholat saja, bahkan di beberapa masjid jama’ah yang mengikuti shalat berjama’ah hanya beberapa orang saja.

Selain itu, Bupati Rusma Yul Anwar pesankan masyarakat untuk selalu meramaikan masjid dengan kegiatan ibadah dan kegiatan yang bernuansa Islam lainnya, menjaga dan meningkatkan nilai kegotong-royongan untuk pembangunan masjid. Tidak hanya itu, Bupati juga meminta agar masyarakat tetap menjaga lingkungan dan daerah dari pengaruh- pengaruh dan kegiatan negatif seperti penyalahgunaan dan pengedaran narkoba. Yang mana akhir-akhir ini marak terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan, serta penyakit masyarakat lainnya.

“Saya minta Ke depan masjid di jadikan sebagai pusat pendidikan agama bagi generasi muda kita, juga sebagai tempat melakukan berbagai kegiatan masyarakat khususnya kegiatan keagamaan. Harapan kami dengan kegiatan itu bisa menangkal pengaruh buruk dari berbagai macam penyakit masyarakat serta perkembangan teknologi yang berakibat buruk bagi generasi muda,” tutup Rusma Yul Anwar

Turut hadir Kepala Kantor Kementrian Agama Pesisir Selatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, kabag kesra, Forkorpimca Kecamatan Batang kapas. (RD)

Pos terkait