Kunjungan Kerja Wali Kota Solok ke Kota Medan, Bobby Nasution Paparkan Kegiatan Kewaspadaan Dini

Wali Kota Medan Bobby Nasution menerima kunjungan kerja Wali Kota Solok Zul Elfian Umar di Ruang Rapat I Kantor Wali Kota Medan, Rabu (27/10).

Kunjungan Wali Kota Solok ini bertujuan untuk saling berbagi pengalaman dengan Pemko Medan tentang Tim Kewaspadaan Dini.

Pertemuan ini diawali dengan ucapan selamat datang dari Bobby Nasution sembari memaparkan tentang Kota Medan berikut menjabarkan visi misi Medan Berkah, Maju, dan Kondusif.

Bacaan Lainnya

Saat itu Bobby Nasution juga memaparkan lima program prioritas, yakni bidang kesehatan terkait penanganan Covid-19, penanganan banjir, pembenahan infrastruktur, kebersihan, dan pembenahan kawasan heritage, dengan dua program penunjang yakni peningkatan PAD dan reformasi birokrasi.

Setelah ucapan selamat datang dilanjutkan dengan sambutan dari Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar. Dalam sambutannya, Zul Elfian Umar mengungkapkan kegembiraan atas sambutan hangat dari Pemko Medan. Dia menyebutkan, selain mempererat silaturahmi, kunjungan mereka ini bertujuan untuk saling berbagi soal penerapan Tim Kewaspadaan Dini di Kota Medan.

Selanjutnya, Bobby Nasution meminta Kaban Kesbangpol Medan, Arjuna Sembiring memaparkan tentang Tim Kewaspadaan Dini Pemko Medan. Dalam pemaparannya, Arjuna menyampaikan, tim ini bertugas merencanakan, melaksanakan, dan merumuskan kegiatan Kewaspadaan Dini.

Di samping itu, tim ini juga bertugas mencari, mengumpulkan, mengoordinasikan, dan mengomunikasikan data/informasi/bahan keterangan dengan unsur intelijen daerah lainnya mengenai potensi, gejala, atau peristiwa timbulnya ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan di Kota Medan.

Arjuna menyebutkan, tim juga mengoordinasikan fungsi dan kegiatan tim Kewaspadan Dini Kecamatan/Kelurahan, dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Kota Medan dalam pelaksanaan kewaspadaan dini terhadap potensi, gejala, atau peristiwa timbulnya ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan di daerah yang mengancam stabilitas nasional.

“Kepala lingkungan juga turut membantu tim kewaspadaan dini,” sebut Arjuna.

Arjuna menambahkan, tim ini juga bertugas memberikan rekomendasi kepada wali kota sebagai bahan pencegahan dini terhadap ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan di Medan.

Pertemuan ini berlangsung komunikatif. Bobby Nasution memberikan penjelasan secara gamblang hal-hal yang ditanyakan oleh Wali Kota Solok dan rombongan, di antaranya soal pengalihan sebagian kewenangan pengelolaan kebersihan kepada kecamatan dan tentang asesmen kepala lingkungan. Di akhir pertemuan dilakukan saling beri cenderamata antara Zul Elfian Umar dan Bobby Nasution.

(gra)

Pos terkait