Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Pesisir Selatan · 27 Sep 2021 01:11 WIB ·

Bupati Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar Tanam Bawang Merah


 Bupati Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar Tanam Bawang Merah Perbesar

Bupati Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar lagi-lagi mengajak kepala OPD terkait turun ke sawah, kali ini giliran Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP), Pesisir Selatan Nuzirwan N Chaniago diajak untuk menaman bawang merah.

Tidak lupa sepatu boadnya, Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, bersama Kadis Hortikultura Nuzirwan, Camat Air Pura dan Anggota DPRD Pessel Dapil 5 Ronaldi, A.Md (Partai PDI. Perjungan) ikut bersama orang nomor satu di Pessel, menanam bawang merah.

Pada media Bupati Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar mengatakan, bahwa kegiatan tanam bawang merah melalui demplot percontohan tanaman Holtikultura di Kenagarian Tluk Kualo, Kecamatan Airpura bisa menjadi mesin penggerak pengembangan ekonomi nagari, petani dan masyarakat sekitar.

“Kita berharap, Dana Nagari agar bersinergi dengan Pemerintah dalam pemulihan ekonomi nagari,” sampai Rusma Yul Anwar.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP), Pesisir Selatan Nuzirwan N Chaniago menyampaikan jika luas lahan tanam bawang merah di kawasan Air Pura Mandiri  Hortikultura mencapai 0,5 Ha, dengan total tanam bawang merah di Pessel 2021 sekitar 100 batang.

Ia menyebutkan, bibit bawang merah melalui demplot percontohan tanaman Holtikultura di Kenagarian Tluk Kualo, Kecamata Airpura bersumber dari Dana Desa (DD). Agar ke depan pengembangan bawang merah di Pessel lebih berkembang Pemkab Pessel melalui dinasnya akan melakukan pendampingan melalui petugas di bawah dan monitoring berkala kita.

“Potensi cukup bagus, namun secara keseluruhan produk kita belum bisa memenuhi kebutuhan lokal. Ini akan terus kita genjot,” sampai Nuzirwan.

Kita berharap luasan pengembangan bertambah, produksi meningkat, walaupun saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 tidak menjadi pengembangan bawang merah di Pessel ikut terpengaruh.

“Dan seiring harapan Bupati Pesisir Selatan, Nuzirwan mengingatkan kembali agar Dana Nagari bisa disinergikan dengan pemerintah dalam pemulihan ekonomi nagari,” tekuknya.

(R)

Hits: 2

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemkab Pessel Bagikan 5.428 Bibit Sawit Gratis ke Masyarakat

6 Oktober 2022 - 12:23 WIB

Matangkan Kejurda Menembak Kapolres Pessel 2022, Panpel Matangkan Persiapan

5 Oktober 2022 - 17:31 WIB

Kasi Pidsus Kejari Pessel: Tidak Tertutup Ada Tersangka lain, Tunggu Fakta Persidangan

1 Oktober 2022 - 15:57 WIB

Pemkab Pessel Belanja Kontainer Sampah Rp115 Juta

30 September 2022 - 12:02 WIB

Mantan Dirut dan Kepala Teknik PDAM Tirta Langkisau Menggunakan Rompi Tahanan Kejaksaan

28 September 2022 - 11:10 WIB

Rp6,6 Miliar Bangun 7 RMU Modern di Pesisir Selatan

28 September 2022 - 10:48 WIB

Trending di Pesisir Selatan