Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Padang · 5 Sep 2021 10:11 WIB ·

Aksi Hijau Pemuda-Pemudi RT05 Gunung Sarik Dapat Apresiasi


 Anggota DPRD Kota Padang, Ja’far, S.Hi didampingi Lurah Gunung Sarik, Zahardi serta RT.05, RT.04 dan Ketua Pemuda melakukan penanaman pohon pinang super jenis batara di lokasi rawan banjir, (Sabtu, 04/09/2021) Perbesar

Anggota DPRD Kota Padang, Ja’far, S.Hi didampingi Lurah Gunung Sarik, Zahardi serta RT.05, RT.04 dan Ketua Pemuda melakukan penanaman pohon pinang super jenis batara di lokasi rawan banjir, (Sabtu, 04/09/2021)

Ikatan pemuda-pemudi RT.05 Kampung Baru Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji Kota Padang menggelar gerakan sosial aksi hijau cinta lingkungan bertemakan “selamatkan bumi dimasa pandemi” yang dipusatkan di RT.05, Sabtu Minggu 04-05 September 2021.

Kegiatan aksi hijau gerakan cinta lingkungan ini diawali dengan acara audiensi bersama Anggota DPRD Kota Padang, Ja’far, S.Hi Rajo Bungsu yang juga merupakan petani muda milineal dan mempunyai program semangat menanam satu juta tanaman produktif di Kota Padang.

Ja’far mengatakan alam takambang jadi guru, ini bukanlah sekedar pepatah tapi fakta yang sesungguhnya. Alam telah memberikan apa yang kita butuhkan sebelum kita minta, alam telah memberikan kehidupan kepada kita.

“Ini lokasi ke lima semangat menanam satu juta tanaman produktif di Kota Padang, mudah-mudahan berbuah lebat dan bisa menekan debit air sehingga dapat mengurangi banjir di RT.05 Kampung Baru Gunung Sarik,” ungkap nya.

Ja’far bersama pemuda-pemudi Kampung Baru Gunung Sarik berkolaborasi melakukan aksi hijau gerakan cinta lingkungan. Semangat menanam satu juta tanaman produktif dengan tema “selamatkan bumi dimasa pandemi” untuk menjaga hijaunya alam karena kalau kita cinta dan bersahabat dengan alam maka alam pun akan bersahabat dan cinta dengan kita.

Lurah Gunung Sarik, Zahardi, S.Sos juga mengapresiasi aksi sosial yang digelar pemuda-pemudi RT.05. Ia berharap kegiatan ini bisa ditiru RT lain sehingga berdampak positif bagi masyarakat banyak.

“Mudah-mudahan gerakan ini dapat memotivasi tempat lain terutara di Lurah Gunung Sarik. Selain itu aksi hijau ini juga langkah panjang dalam penanggulangan banjir, karena akar pinang ini bisa menyerap air dalam tanah dan bisa mengurangi resiko banjir,” imbuh nya.

Sementara itu, pelopor yang memotori acara Hanny Tanjung didampingi Desi Mutia yang juga merupakan ketua pemuda-pemudi RT.05 mengatakan aksi hijau melakukan penanaman pohon produktif ini dalam rangka mendorong masyarakat cinta terhadap lingkungan hidup.

Melalui Aksi Hijau di RT 05 Kampung Baru Gunung Sarik mudah-mudahan bisa memotivasi masyarakat lainnya untuk menjaga kebersihan lingkungan serta menjadikan lingkungan sebagai milik bersama.

“Sebab di RT 5 ini sering terjadi banjir, irigasi belum ada. Maka ditanam pohon pinang super batara mudah-mudahan bisa menyerap air hujan dan mengurangi resiko banjir ke depan,” harap nya.

Aksi hijau ini difasilitasi puluhan bibit pinang super batara oleh Ja’far, S.Hi Rajo Bungsu. Bibit tanaman tersebut ditanam Sabtu-Minggu (04-05 September 2021) oleh pemuda-pemudi RT5 di sepanjang jalan Kampung Baru.

Selain penanaman pohon tampak antusias warga menyampaikan aspirasi saat audiensi bersama Anggota DPRD dari Komisi I ini. Diantaranya mengenai irigasi pertanian, bank sampah, dan penghijauan yang langsung direspon oleh Lurah Gunung Sarik, Zahardi.

Jaf’far pun tak lupa memberikan semangat dan apresiasi kepada pemuda-pemudi RT.05. Ia juga memberikan kiat sukses menjadi petani muda milineal. Banginya semua bisa dijadikan bisnis dan sampah pun bisa bernilai uang. (Ha)

Hits: 4

Artikel ini telah dibaca 75 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Miko Kamal: Festival Batang Arau Bakal Digelar Akhir Tahun

25 November 2022 - 11:34 WIB

Insya Allah, Agustus 2023 Nanti Anggota DPRD Tempati Gedung Baru

16 November 2022 - 17:02 WIB

Top Travelers Media Network Gagas Donasi Promo UMKM Dukung Pemulihan Pasca COVID-19

16 November 2022 - 16:44 WIB

Maju Calon Ketua IDI Sumbar Ini Visi dan Misi Dr Andani Eka Putra

16 November 2022 - 10:43 WIB

3 Blogger Jadi Best of The Best Lomba Blog KIP Sumbar

15 November 2022 - 22:54 WIB

Jenazah Lansia Tanpa Identitas di Rumah Sakit Bhayangkara Padang, Ini Ciri-Cirinya

15 November 2022 - 22:09 WIB

Trending di Padang