DPRD Padang Paripurnakan LKPJ Walikota Tahun 2023, Pansus Segera Lakukan Pembahasan Lebih Dalam

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota Padang dalam hal ini disampaikan langsung oleh Wali Kota Hendri Septa menyerahkan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota tahun 2023 ke DPRD Padang.

LKPJ tahun 2023 itu diserahkan dalam papat paripurna DPRD Padang di ruang sidang utama gedung dewan, Aie Pacah, Rabu 13 Maret 2024.

Bacaan Lainnya

Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Arnedi Yarmen, yang didampingi oleh Wakil Ketua Ilham Maulana dan Sekretaris DPRD Kota Padang, Hendrizal Azhar, serta dihadiri unsur forkopimda.

Wakil Ketua DPRD Arnedi Yarmen menjelaskan, setelah diajukan wali kota ke DPRD, sesuai dengan mekanisme, maka DPRD Padang akan membentuk panitia khusus yang akan membahas LKPJ itu.

Panitia khusus yang nantinya akan membahas serta mengecek ke lapangan tentang apa-apa saja yang disampaikan wali kota.

“Kita siap membahas, sekaligus memperbaiki jika ada kekurangan dalam LPKJ tersebut,” katanya.

Dijelaskan Wakil Ketua DPRD Arnedi Yarmen, DPRD Padang siap berkolaborasi dengan Pemko guna mewujudkan pemerintahan yang sesuai dengan harapan masyarakat.

“Dewan siap berkolaborasi dengan pemerintah kota,” katanya.

Dalam rapat paripurna dewan, Wali Kota Hendri Septa menjelaskan, LKPJ yang disampaikannya tersebut merupakan wujud nyata bentuk akuntabilitas publik dari penyelenggaraan pemerintahan oleh kepala daerah kepada DPRD sebagai lembaga resmi yang mewakili masyarakat.

LKPJ ini penting disampaikan sebagai bahan pembahasan dan tanggapan berupa saran atau masukan untuk peningkatan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik ke depannya.

Penyampaian LKPJ ini pada hakekatnya adalah laporan atau informasi tentang hasil dan capaian program kegiatan atas pemanfaatan keuangan daerah.

“Sebagaimana semuanya telah disepakati bersama antara pemko dan DPRD,” ungkap Walikota Padang, Hendri Septa.

“Tentunya hasil-hasil yang dicapai beserta persoalan yang dihadapi selama pelaksanaan tugas tahun 2022 lalu akan kita evaluasi secara bersama dan akan dijadikan masukan bagi pelaksanaan tugas dan kegiatan untuk tahun yang akan datang,” kata wali kota.

Wali Kota Hendri Septa mengungkapkan rasa syukurnya seiring berbagai capaian yang mampu diraih Pemerintah Kota Padang sejauh ini.

“Alhamdulillah, selama 2023 di samping peningkatan terkait kinerja dan pelayanan publik, sejumlah prestasi mampu kita toreh dengan meraih puluhan penghargaan dari pemerintah pusat dan juga provinsi,” ungkapnya.

Salah satunya upaya untuk mewujudkan Kota Padang sebagai pusat perdagangan dan ekonomi kreatif.

Pemerintah Kota Padang telah membangun sarana prasarana perdagangan, seperti Pasar Raya serta pasar-pasar pembantu secara bertahap.

Sebelumnya, dilaksanakan pembangunan Fase VII melalui pendanaan dari pemerintah pusat.

Pemko Padang menyediakan Padang Youth Center dengan sarana dan fasilitas lengkap sebagai wadah tempat berkumpul komunitas kreatif, untuk mengembangkan dan memajukan industri kreatif, sehingga mampu mendorong tumbuhnya pelaku usaha kecil dan menengah yang bertumpu pada inovasi dan kreativitas.

Hendri Septa memamparkan, bahwa ada juga peningkatkan kualitas pengelolaan pariwisata yang nyaman dan berkesan, pengembangan kawasan wisata terpadu gunung padang, pulau-pulau kecil, wisata pasir jambak, dan wilayah timur Kota Padang terus ditingkatkan.

Disamping terus mendorong sektor swasta untuk melakukan penyediaan sarana prasana pendukung seperti hotel dan restoran yang representatif, sehingga Kota Padang dapat menjadi kota tujuan wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selain itu, terdapat beberapa potensi baru cagar budaya yang bisa menjadi tujuan wisata, diantaranya Pabrik Indarung I yang merupakan pabrik semen pertama di Indonesia dan di Asia Tenggara yang di dalam kawasannya juga terdapat PLTA Rasak Bungo.

Terkait pelayanan terhadap investasi, Pemko Padang telah menyediakan mall pelayanan publik sejak tahun 2018 dengan layanan perizinan dan non perizinan yang terintegrasi secara online di satu pintu dan satu aplikasi.

Tidak hanya itu, Walikota Hendri Septa menyampaikan tentang berbagai program unggulan yang telah dilaksanakan, termasuk pembangunan ruang kelas baru (RKB) sebagai bagian dari upaya peningkatan pendidikan di Padang.

Wali kota juga menyebutkan pencapaian dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang melebihi rata-rata nasional.

Sebelum rapat ditutup, anggota DPRD Kota Padang dari Fraksi Partai Gerindra meminta pembahasan surat terkait pergantian Ketua DPRD dan Ketua Fraksi Partai Gerindra. Hal ini akan dibahas lebih lanjut oleh pimpinan DPRD.

Sebelumnya, rapat sempat dihentikan sementara karena Wali Kota Padang, Hendri Septa hanya diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Padang, Andree Algamar.

Anggota dewan meminta agar LKPj Tahun 2023 dibacakan langsung oleh Wali Kota Hendri Septa.

Setelah beberapa waktu menunggu, rapat dilanjutkan setelah kedatangan Walikota Padang.

Setelah dibuka kembali oleh Arnedi Yarmen, Wali Kota Hendri Septa menyampaikan pencapaian Pemerintah Kota Padang dalam LKPj 2023.

(ADV)

Pos terkait