Paskibraka Kota Solok Sukses Kibarkan Sang Merah Putih pada Upacara HUT RI ke-76

Para pelajar SLTA sederajat se-Kota Solok yang terpilih dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sukses menjalankan tugas dengan baik dan lancar mengibarkan Sang Merah Putih di langit Kota Solok dalam rangka Upacara Bendera peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Selasa 17 Agustus 2021 di Lapangan Balai Kota Solok.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Dodi Osmond, selaku pembina Paskibraka Kota Solok saat diminta keterangan usai upacara penurunan bendera, Selasa (17/08) sore mengungkapkan rasa bangganya atas kesuksesan Paskibraka Kota Solok 2021 dalam mengemban amanat yang diberikan.

“Alhamdulillah, upacara penaikan dan penurunan Bendera Merah Putih berjalan dengan lancar dan sukses. Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak terkait yang telah membantu dalam menyukseskan peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76, terutama kepada ananda kami anggota Paskibraka Kota Solok Tahun 2021 yang telah memberikan segala daya dan upayanya dalam kegiatan yang penting ini,” ungkap Kadispora.

Bacaan Lainnya

Dodi menambahkan, pasukan pengibar bendera tahun ini menempuh latihan dengan waktu yang sangat singkat tidak seperti latihan pada tahun-tahun sebelumnya, dalam suasana pandemi Covid-19 pelatihan dilakukan dengan protokol kesehatan ketat mengingat Kota Solok masuk dalam zona PPKM Level 3.

“Sebagai pembina kami cukup lega dan suatu kebanggaan pelatihan yang kami lakukan bersama tim pelatih mampu mengantarkan 65 anggota Paskibraka menjalankan tugasnya dengan baik,” tutur Dodi Osmond.

Randyca Marcellino P, bertugas sebagai Komandan Pleton Paskibraka Kota Solok tahun 2021 dari SMA N 1 Kota Solok. Dia mengaku sangat lega dan terharu karena tugas berat yang dipikul berbuah dengan manis.

“Tidak sia-sia latihan dan kerja keras selama 12 hari berturut-turut yang kami kerjakan, upacara pengibaran bendera berjalan dengan khidmat dan lancar. Keberhasilan ini semakin menebalkan jiwa nasionalisme dan rasa cinta tanah air,” ucapnya.

Pelaksanaan Upacara Bendera peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Sesuai arahan dari Kementerian Sekretaris Negara RI, upacara HUT RI ke-76 dilakukan dengan protokol kesehatan secara ketat, mengingat situasi pandemi Covid-19 masih belum memungkinkan. Untuk menghindari kerumuman upacara bendera dilakukan secara live virtual langsung dari Istana Negara Republik Indonesia.

Dengan prosedur yang sama, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar bertindak sebagai Inspektur Upacara, didampingi Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, melaksanakan upacara HUT RI ke-76 dari lapangan Balai Kota Solok diikuti peserta upacara terbatas dari unsur TNI dan Polri.

Perwira Upacara dipercayakan kepada anggota Polri dari Polres Solok. Turut hadir Ketua DPRD Kota Solok, Forkompimda Kota Solok, ASN dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Upacara diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh Wali Kota Zul Elfian Umar, selanjutnya mengajak hadirin mengheningkan cipta untuk mendoakan dan menghormati para pahlawan yang telah berjuang dan berkorban untuk mewujudkan Kemerdekaan Indonesia. Setelah itu dilanjutkan dengan pengibaran Sang Merah Putih oleh anggota Paskibraka.

Seusai upacara, menyambut momentum hari istimewa ini juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis bantuan CSR Bidang Pendidikan tahun 2021 dari Bank Nagari sebesar 130 Juta Rupiah kepada Wali Kota Solok Zul Elfian Umar yang didampingi Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra dan Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma.

(gra)

Pos terkait