Kwarcab Kota Solok Bedah Rumah Warga Akibat Musibah Banjir

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Solok melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa ‘bedah rumah’ tidak layak huni yang berlokasi di Kelurahan IX Korong Kota Solok.

Ketua Kwartir Cabang, Kak Ramadhani Kirana Putra memimpin langsung kegiatan aksi bedah rumah dengan didampingi oleh seluruh pengurus dan Andalan Cabang, Korp Pelatih, Dewan Kerja Cabang, Pramuka Peduli dan dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup, Sabtu (28/08/2021).

Kegiatan bedah rumah ini merupakan kerja sama Pemerintah Daerah melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Solok dengan Kwarcab yang mengumpulkan Bumbung kemanusiaan di gudep-gudep.

Bacaan Lainnya

Dalam hal itu, Ramadhani Kirana Putra yang juga merupakan Wakil Wali Kota turut serta dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa ini merupakan wujud Pramuka Kota Solok hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Hari ini kita dalam proses kegiatan bedah rumah warga yang tak layak huni, rumah ini juga merupakan tempat usaha bagi pemiliknya, jadi kita bantu secara bersama-sama, hari ini kita robohkan semua bangunannya dan akan kita bangun lagi agar bisa ditempati dan dapat digunakan untuk berusaha kembali,” tutur Ramadhani.

Di tempat yang sama, Ketua Satgas Pramuka Peduli, Kak dr. Afridoni Araditha juga menyatakan bahwa rumah tersebut beberapa bulan lalu terkena musibah banjir, separuhnya terbawa arus banjir sehingga tidak layak lagi untuk ditempati dan pemilik rumah juga merupakan warga yang kurang mampu.

“Rumah ini memang layak kita bantu, untuk lama pengerjaan butuh sekitar 20 hari, dan sementara pemilik rumah tinggal di tempat saudaranya,” ungkap dr. Afridoni.

Pemilik rumah Buk Mai didampingi suami Mas Totok menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah kota, gerakan pramuka dan berbagai pihak yang telah peduli membantu untuk memperbaiki rumah mereka sekeluarga sehingga layak untuk dihuni dan dapat berjualan sayuran kembali.

Terlihat juga antusias warga sekitar menyaksikan perubuhan rumah ini, beberapa tokoh masyarakat IX Korong juga turut hadir, warga menyambut baik adanya kegiatan bedah rumah ini.

Kegiatan bakti sosial ini masih dalam rangkaian peringatan HUT Pramuka ke-60 tahun dengan tema “Berbakti Tanpa Henti” serta juga bulan Agustus merupakan Bulan Bakti Pramuka. Bedah rumah merupakan kegiatan kedua dalam peringatan HUT Pramuka setelah kegiatan vaksinasi massal yang telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu.

(gra)

Pos terkait