Minim Sarana, Candi Pulau Sawah Dharmasraya Masih Diminati Pengunjung

Situs Candi Pulau Sawah di Nagari Siguntur Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. (Mitra Yuyanti)

Berkunjung ke Kabupaten Dharmasraya belum lengkap rasanya kalau belum melihat objek wisata Situs Candi Pulau Sawah. Apalagi sejak digelar festival Pamalayu yang diselenggarakan bersamaan dengan peringatan hari jadi kabupaten Dharmasraya ke-16 tahun pada 7 Januari 2020 lalu, diasumsikan lokasi ini merupakan salah satu pusat Kerajaan Malayu Dharmasraya selain di Padang Roco.

Saat Topsumbar berkunjung ke Situs Candi Pulau Sawah, candi-candi yang berlatar belakang Hindu Budha di kawasan Candi Pulau Sawah ini melambangkan bukti eksistensi Kerajaan Malayu Dharmasraya. Pada kawasan ini ditemukan berbagai macam temuan baik berupa candi, arca, keramik maupun artefak lainnya.

Meskipun sudah diberlakukan pelarangan untuk membuka tempat-tempat wisata, masyarakat Dharmasraya yang masih menghabiskan masa liburan terlihat ramai berkunjung ke kawasan Situs Candi Pulau Sawah dan Padang Roco. Sayang nya, kawasan Candi Pulau Sawah ini minim sarana prasarana yang memadai seperti layaknya sebuah situs sejarah.

Bacaan Lainnya

Besarnya minat pengunjung ke Candi Pulau Sawah dipaparkan Jhonatan (35) yang tengah berkunjung dengan anggota keluarga nya. Ia menyayangkan kondisi Situs Candi Pulau Sawah saat ini tidak terawat dan minim fasilitas.

“Kami suka suasana alam di candi ini, selain nyaman kami juga bangga dengan Candi Pulau Sawah sebab ini bangunan bersejarah yang dimiliki Dharmasraya. Namun melihat kondisi saat ini seperti tidak ada wahana permainan, kurang terawat, media literasi tidak tersedia, dan hal lain nya,” ungkap Jhonatan.

Hal yang sama juga dikeluhkan pengunjung lainnya, Ia berharap sarana dan prasarana seperti wahana bermain bisa diprioritaskan agar menjadi ikon dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar Candi Pulau Sawah.

“Kami berharap ada wahana bermain dan icon baru di Candi Pulau Sawah ini, sehingga akan menjadi daya tarik bagi wisatawan apalagi anak muda untuk berfoto ria dengan latar Candi Pulau Sawah, dengan banyak nya wisatawan juga bisa meningkatkan pendapatan daerah.” sambung Jhonatan.

Diketahui, jarak tempuh dari pusat pemerintahan ke lokasi Candi Pulau Sawah Nagari Siguntur Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat, dengan jarak tempuh kurang lebih 11 KM. (Yanti)

Pos terkait