Hari Ini Kasus Konfirmasi Covid-19 Kembali Signifikan di Kabupaten Solok, Berikut Gambarannya

Satuan tugas penanganan covid-19 Kabupaten Solok pada hari Sabtu, 24 April 2021 kembali merelease Informasi terkait dengan pengendalian dan penanganan serta pencegahan penyebaran covid-19 di daerah.

Dinas kesehatan Kabupaten Solok melalui juru bicara Covid-19/Syofiar Syam menerangkan bahwa hari ini tidak ada lagi kasus suspect, dikarenakan hasil pemeriksaan Spesimen nya sudah Negatif, namun kasus konfirmasi Covid-19 terjadi lagi peningkatan jumlah sebanyak 23 (dua puluh tiga) orang pada hari ini, berikut rincian datanya :

1. Perempuan, Umur 22 tahun, beralamat di Nagari Batu Banyak Kecamatan Lembang Jaya, yang bersangkutan merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi tanpa gejala, kemudian dilakukan karantina mandiri kepadanya.

Bacaan Lainnya

2. Perempuan, Umur 19 tahun, beralamat di Nagari Koto Laweh Kecamatan Lembang Jaya, yang bersangkutan merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi tanpa gejala, kemudian dilakukan karantina mandiri kepadanya.

3. Laki-laki, Umur 40 tahun, beralamat di Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah, yang bersangkutan bekerja sebagai Sopir dan merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi, selanjutnya dilakukan karantina mandiri kepadanya.

4. Perempuan, Umur 37 tahun, beralamat di Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah, yang bersangkutan adalah Pedagang Pasar dan merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi, kemudian dilakukan karantina mandiri kepadanya.

5. Perempuan, Umur 38 tahun, beralamat di Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah, yang bersangkutan bekerja sebagai Pedagang pasar dan merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi, kemudian dilakukan karantina mandiri kepadanya.

6. Laki-laki, Umur 26 tahun, beralamat di Nagari Saok Laweh Kecamatan Kubung, yang bersangkutan adalah Honorer Pemko Solok dan merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi, kemudian dilakukan karantina mandiri kepadanya.

7. Perempuan, Umur 2 tahun, beralamat di Nagari Kacang Kecamatan X Koto Singkarak dan merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi, selanjutnya dilakukan karantina mandiri kepadanya.

8. Laki-laki, Umur 26 tahun, beralamat di Nagari Koto Gadang Guguak Kecamatan Gunung Talang, yang bersangkutan adalah Karyawan Perusahaan Semen Indonesia dan merupakan kasus suspek dari Puskesmas Talang, kemudian dilakukan karantina mandiri kepadanya.

9. Perempuan, Umur 26 tahun, beralamat di Nagari Panyakalan Kecamatan Kubung, yang bersangkutan merupakan kasus suspek dari puskesmas Tanjung Binkung dengan gejala demam, selanjutnya dilakukan karantina mandiri dirumah.

10. Perempuan, Umur 20 tahun, beralamat di Nagari Panyakalan Kecamatan Kubung, yang bersangkutan adalah Mhs dan merupakan kasus suspek dari puskesmas Tanjung Bingkung dengan gejala demam, pusing dan mual, kemudian dilakukan karantina mandiri kepadanya.

11. Perempuan, Umur 39 tahun, beralamat di Nagari Muara Panas Kecamatan Bukit Sundi, yang bersangkutan bekerja sebagai guru dan merupakan kasus suspek dari RSUD Arosuka dengan gejala demam, selanjutnya dilakukan karantina mandiri kepadanya.

12. Laki-laki, Umur 34 tahun, beralamat di Nagari Koto Baru Kecamatan Kubung, yang bersangkutan merupakan kasus suspek dari RS M. Natsir dengan gejala demam dan batuk, kemudian dilakukan karantina mandiri kepadanya.

13. Laki-laki, Umur 61 tahun, beralamat di Nagari Muara Panas Kecamatan Bukit Sundi, yang bersangkutan adalah pensiunan dan merupakan kasus suspek dari RS M natsir dengan gejala demam, kemudian dilakukan karantina mandiri kepadanya.

14. Perempuan, Umur 27 tahun, beralamat di Nagari Muara Panas Kecamatan Bukit Sundi, yang bersangkutan bekerja di Bank Kota Solok dan merupakan kasus suspek dari RS M natsir dengan gejala demam dan hilangnya penciuman, selanjutnya dilakukan karantina mandiri kepadanya.

15. Perempuan, Umur 60 tahun, beralamat di Nagari Sumani Kecamatan X Koto Singkarak, yang bersangkutan adalah IRT dan merupakan kasus suspek dengan gejala demam dan batuk, selanjutnya dilakukan karantina mandiri kepadanya.

16. Laki-laki, Umur 62 tahun, beralamat di Nagari Sumani Kecamatan X Koto Singkarak, yang bersangkutan bekerja sebagai tani dan merupakan kasus suspek, kemudian dilakukan karantina mandiri kepadanya.

17. Laki-laki, Umur 90 tahun, beralamat di Nagari Muara Panas Kecamatan Bukit Sundi, yang bersangkutan adalah pensiunan dan merupakan kasus suspek dengan gejala demam, kemudian dirawat di RsUD Arosuka.

18. Laki-laki, Umur 63 tahun, beralamat di Nagari Panyakalan Kecamatan Kubung, yang bersangkutan merupakan kasus suspek dengan gejala demam, selanjutnya dirawat di RS Yos Sudarso Padang.

19. Laki-laki, Umur 25 tahun, beralamat di Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto Diatas, yang bersangkutan bekerja sebagai swasta dan merupakan kasus suspek dari RS BMC Padang dengan gejala hilangnya penciuman, selanjutnya dirawat di RS. BMC Padang.

20. Laki-laki, Umur 57 tahun, beralamat di Nagari Koto Baru Kecamatan Kubung, yang bersangkutan bekerja sebagai Dagang dan merupakan kasus suspek, selanjutnya dirawat di RS M. Natsir.

21. Laki-laki, Umur 53 tahun, beralamat di Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti, yang bersangkutan bekerja sebagai tani dan merupakan kasus suspek dengan gejala batuk dan demam, selanjutnya dirawat di RST Solok.

22. Laki-laki, Umur 37 tahun, beralamat di Nagari Salayo Kecamatan Kubung, yang bersangkutan adalah ASN Kota Solok dan merupakan kasus suspek dengan gejala demam, sesak nafas dan batuk, kemudian dilakukan karantina mandiri dirumah.

23. Perempuan, Umur 46 tahun, beralamat di Nagari Tanjung Bingkung Kecamatan Kubung, yang bersangkutan adalah IRT dan merupakan kasus suspek dari RS M Natsir dengan gejala sesak napas, kemudian meninggal dunia pada tanggal 24 April 2021 sekira jam 06.15 wib.

Selanjutnya, Syofiar Syam menjelaskan bahwa hari ini juga ada tambahan pasien yang terkonfirmasi covid-19 yang sembuh sebanyak 2 (dua) orang di daerah Kabupaten Solok, berikut rincian tambahannya :

1. Perempuan, Umur 40 tahun, beralamat di Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti, yang bersangkutan merupakan spesimen massal guru di Puskesmas Sungai Nanam, selanjutnya dilakukan Karantina mandiri kepadanya dan dinyantakan sembuh pada tanggal 24 April 2021 setelah dua kali pemeriksaan spesimen dengan hasil Negatif.

2. Laki-laki, Umur 60 tahun, beralamat di Nagari Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas, yang bersangkutan merupakan kasus suspek yang Dirawat di RS M Natsir, selanjutnya dinyatakan sembuh pada tanggal 24 April 2021 setelah dua kali pemeriksaan spesimen dengan hasil Negatif.

Dengan demikian, untuk jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di daerah Kabupaten Solok hari ini terjadi lagi peningkatan jumlah dengan hari kemarin, yakni sebanyak 1.230 (seribu dua ratus tiga puluh) orang, yang terdiri : Karantina Mandiri sebanyak 100 (seratus) orang, Dirawat 26 (dua puluh enam) orang, Meninggal Dunia 36 (tiga puluh enam) orang dan pasien Sembuh sebanyak 1.068 (seribu enam puluh delapan) orang di daerah Kabupaten Solok.

Kemudian, Dinas kesehatan melalui Jubir Covid-19, Syofiar Syam bahwa untuk pemeriksaan Spesimen sudah dilakukan sebanyak 14.491 (empat belas ribu empat ratus sembilan puluh satu) orang dan sebanyak 1.684 berasal dari kegiatan Pool Test Kabupaten Solok.

Seterusnya, jubir Covid-19 Kabupaten Solok Syofiar Syam memaparkan total jumlah, baik itu Terkomfirmasi Positif covid-19, yang Dirawat, Karantina Mandiri dan Sembuh serta Meninggal Dunia per Kecamatan yang ada di Kabupaten Solok, berikut rinciannya :

1. Untuk Kecamatan X Koto Singkarak, total kasus Konfirmasi Positif covid-19 berjumlah 147 orang yang di Karantina Mandiri 11 orang, Dirawat 0 orang dan yang Sembuh sebanyak 131 orang serta Meninggal Dunia sebanyak 5 orang.

2. Untuk Kecamatan Pantai Cermin, total kasus konfirmasi covid-19 sebanyak 17 orang, yang terdiri dari Karantina Mandiri 3, Dirawat 0 orang dan yang Sembuh sebanyak 12 orang serta Meninggal Dunia sebanyak 2 orang.

3. Kecamatan Kubung total kasus Konfirmasi covid-19 berjumlah 507 orang, yang terdiri dari Karantina Mandiri sebanyak 27 orang dan Sembuh sebanyak 457 orang serta Meninggal Meninggal Dunia sebanyak 9 orang dan Dirawat 14 orang.

4. Untuk Kecamatan Lembah Gumanti total kasus Konfirmasi covid-19 sebanyak 43 orang, terdiri dari Dirawat 3 orang, Sembuh 32 dan Meninggal Dunia 6 orang serta Karantina Mandiri 2 orang.

5. Untuk Kecamatan Junjung Sirih total kasus Konfirmasi covid-19 berjumlah 34 orang yang terdiri dari, Sembuh 27 orang, Karantina Mandiri 3 serta Dirawat 1 dan Meninggal Dunia 3 orang.

6. Kecamatan X Koto Diatas total kasus Konfirmasi covid-19 berjumlah 89 orang, yang terdiri dari yang Sembuh sebanyak 81 orang, sedangkan untuk pasien Karantina Mandiri 2 dan Dirawat 3 orang serta Meninggal Dunia 3 orang.

7. Untuk Kecamatan Gunung Talang total kasus Konfirmasi covid-19 sebanyak 231 orang, yang terdiri dari Karantina Mandiri sebanyak 16 orang dan Sembuh 209 orang serta Meninggal Dunia 4 orang dan Dirawat 2 orang.

8. Kecamatan Payung Sekaki total kasus Konfirmasi covid-19 berjumlah 9 orang, yang terdiri dari Sembuh sebanyak 3 orang dan meninggal dunia 1 orang, Karantina Mandiri 5 serta Dirawat sudah tidak ada.

9. Kecamatan Lembang Jaya total kasus Konfirmasi covid-19 berjumlah 28 orang, yang terdiri dari, Sembuh sebanyak 16 orang dan dirawat 0 orang serta Karantina mandiri 11 orang dan Meninggal 1 orang.

10. Kecamatan Bukit Sundi total kasus Konfirmasi covid-19 berjumlah 70 orang, yang terdiri dari Sembuh sebanyak 57 orang dan Karantina Mandiri 10 orang, Dirawat 2 orang serta Meninggal dunia 1 orang.

11. Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, total kasus Konfirmasi covid-19 berjumlah 25 orang, yang terdiri Sembuh 23 orang dan Karantina Mandiri 2 serta Dirawat 0 orang dan Meninggal dunia tidak ada sama sekali.

12. Kecamatan Hiliran Gumanti, total kasus Konfirmasi covid-19 berjumlah 13 orang, yang Sembuh sebanyak 10 orang, Karantina Mandiri 2 orang, Dirawat 1 orang dan Meninggal tidak ada sama sekali.

13. Kecamatan Tigo Lurah, total kasus komfirmasi covid-19 berjumlah 9 orang, yang terdiri dari Sembuh 3 orang dan Karantina Mandiri 6 orang, Dirawat, Sembuh serta Meninggal Dunia tidak ada sama sekali.

14. Kecamatan Danau Kembar, total kasus komfirmasi covid-19 berjumlah 8 orang, yang terdiri dari Karantina Mandiri 0 orang dan Sembuh 7 orang serta Dirawat 1 orang dan Meninggal Dunia tidak ada sama sekali.

Selanjutnya, Syofiar Syam menerangkan bahwa positivity rate (PR) dengan persentase 8,49% di daerah Kabupaten Solok dan, untuk Zonasi Daerah di Sumatera Barat pada Minggu ke-58 dari tanggal 18 s/d 24 April 2021, Kabupaten Solok masuk dalam Zona Oranye (Resiko Sedang) dengan skor 1,95.

(Andar MK)

Pos terkait