KPU Kab. Pessel Gelar Rakor Pembahasan Rencana Debat Pilkada 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan menggelar rapat koordinasi (Rakor) membahas rencana debat putaran kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati pada pemilihan 2020, Selasa (24/11/2020) di kantor KPU setempat.

“Pasca pelaksanaan debat putaran pertama, maka KPU Pesisir Selatan bersama tim kampanye/petugas penghubung pasangan calon, Bawaslu dan tim penyusun materi debat melakukan Rakor, sekaligus evaluasi dan persiapan untuk debat putaran kedua,” kata Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar.

Epaldi menjelaskan, Rakor dan evaluasi itu difokuskan pada mekanisme debat, waktu pelaksanaan (siang atau malam), dan lokasi pelaksanaan serta hal-hal terkait protokol kesehatan Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Lanjutan Serentak dalam Suasana Pandemi Covid-19, bahwa debat diselenggarakan di dalam studio Lembaga Penyiaran Publik/Swasta atau tempat lainnya yang disiarkan secara langsung,” jelasnya.

Dikatakan, debat putaran kedua akan dilaksanakan pada, Jumat tanggal 27 November 2020, pukul 15.00-17.00 WIB, dan bertempat di Studio Padang TV, Padang. Masyarakat dapat menyaksikan siaran langsung debat pada saluran/link yang akan kami sampaikan secepatnya. Sedangkan tema yang diusung adalah pembangunan, ekonomi dan kesejahteraan.

Ia juga menyebutkan, debat visi dan misi paslon penting, karena beberapa  alasan. Pertama, visi dan misi merupakan syarat pencalonan dan sebagai sesuatu yang wajib disampaikan oleh paslon semasa kampanye kepada masyarakat, baik secara lisan maupun tertulis.

Kedua, di dalam sistem perencanaan pembangunan, naskah visi dan misi pasangan kepala daerah terpilih akan dijadikan dasar dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), terangnya.

(R)

Pos terkait