Pokdar Kamtibmas Pasaman Barat Resmi Dikukuhkan oleh Waka Polda Sumbar

Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, secara resmi dikukuhkan oleh Waka Polda Sumatera Barat, Brigjen Pol Edi Mardianto di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat, Rabu, 23 September 2020.

Acara pengukuhan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Pasbar Yulianto, Kapolres Pasbar AKBP Sugeng Hariyadi, S.IK, Forkopimda Pasaman Barat serta tokoh masyarakat setempat. Ketua Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pasaman Barat Gusni Indra.

“Pokdar Kamtibmas merupakan organisasi masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu tugas Polri. Baik dalam mengamankan dan menertibkan masyarakat serta menyelesaikan masalah di tengah masyarakat seperti Tindak Pidana Ringan (Tipiring),” kata Waka Polda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, Rabu (23/09).

Bacaan Lainnya

“Karena sejatinya setiap kita membutuhkan rasa aman. Dengan hadirnya organisasi ini, tempat bermusyawarah yang bersifat kearifan lokal bisa menyelesaikan masalah di dalam keluarga, di dalam masyarakat serta pemerintah,” katanya.

Ia mengatakan, kondisi pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat juga butuh rasa aman pada di bidang kesehatan. Dengan adanya Pokdar Kamtibmas bisa hendaknya memberikan peran sebagai pencegahan penyebaran Covid-19.

Kesempatan lain, Bupati Pasaman Barat H. Yulianto mengatakan bahwa saat ini tugas semua pihak adalah memutuskan mata rantai penyebaran Covid 19. Karena Pandemi Covid-19 sudah mengancam semua manusia, rasa takut, jika tidak berpegang teguh kepada protokol Covid-19.

“Berharap Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pasaman Barat bisa menjadi pelopor antisipasi penyebaran Covid-19, karena hal yang paling penting saat ini adalah memberikan rasa aman kepada masyarakat kita dari virus Covid-19,” sebutnya.

Ia menerangkan, untuk momen Pilkada nanti, Pokdar Kamtibmas bisa berperan dalam menyampaikan Pilkada Badunsanak. Walaupun selama ini Pilkada di Pasbar sudah berjalan dengan baik dan badunsanak.

Tokoh adat Kabupaten Pasbar Daulat Dipertuan Parit Batu Hendri Eka Putra menyampaikan, bahwa Pokdar Kamtibmas yang baru saja di kukuhkan bisa memberikan nilai tersendiri bagi masyarakat. Apalagi Pasbar terdiri dari tiga etnis yakni Jawa, Minang dan Mandailing.

“Saya sebagai tokoh adat Kabupaten Pasaman Barat bangga dengan adanya Pokdar Kamtibmas Pasaman Barat , semoga ini bisa menjadi pelopor keamanan dan ketertiban masyarakat kita,” sebutnya.

(SR)

Pos terkait