Harga Cabai Melambung di Pasaran, Emak-emak di Padang “Tapakiak”

PADANG, TOP SUMBAR – Masuknya musim kemarau dan berbarengan dengan musim lebaran Idul Adha 1440 Hijriyah, membuat harga sembilan bahan pokok (sembako) menjadi mahal.

Salah satu yang terdampak dari imbas dua peristiwa tersebut adalah harga pada cabai. Menurut penuturan Vegi (26), biasanya harga cabai hanya Rp20 ribu per kilogramnya.

“Namun karena memasuki musim lebaran ini, harga cabai melonjak hingga Rp75 ribu. Begitupun dengan jengkol, yang hanya sekitar Rp4 ribu per 10 biji sekarang naik jado Rp7 ribu dengan jumlah yang sama,” tuturnya, Jumat (02/08/2019).

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Endrizal meminta supaya masyarakat bisa mengatur konsumsi cabai sementara waktu.

“Masalahnya ini sudah nasional, jadi pasokan dari manapun harga tetap tinggi. Yang bisa kami lakukan saat ini tetap menunggu arahan pusat. Sembari itu, kami juga mengimbau supaya masyarakat bisa mengurangi penggunaan cabai merah,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk program jangka menengah pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan petani. Supaya hasil tani jangan sampai lepas ke luar daerah. (*)

Pos terkait