Upacara Bendera HUT KOPRI Ke 50 Dipimpin Wali Kota Riza Falepi, Lepas Pejabat Pensiun

198

Upacara bendera memperingati hari ulang tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke 50 tahun 2021 dengan tema “ASN bersatu, KORPRI tangguh, Indonesia Tumbuh” berlangsung khidmat di halaman Kantor Wali Kota Payakumbuh, Senin (29/11) pagi.

Wali Kota Riza Falepi bertindak sebagai Pembina Upacara yang diikuti oleh ASN perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh.

Dalam amanatnya, Riza Falepi menyampaikan 50 tahun tentunya bukan usia yang muda, KORPRI didirikan pada tanggal 29 November 1971 dengan tujuan agar mempersatukan bangsa dan negara, tentunya tugas yang teramat berat, di tengah isu radikalisme dan disintegrasi bangsa yang masih sering didengar.

“Pertanyaannya saat ini adalah apa yang sudah diperbuat sebagai bagian dari KORPRI dalam usia setengah abad ini? Apakah organisasi ini sudah dirasakan manfaatnya oleh anggota KORPRI itu sendiri, maupun masyarakat pada umumnya. Tentunya KORPRI sendiri, dihadapkan pada tantangan yang luar biasa untuk menjawab pertanyaan ini,” kata Riza.

Lebih, jauh disampaikan Riza amanat undang-undang aparatur sipil negara, mengisyaratkan semua orang, agar KORPRI siap bertransformasi menjadi bagian integral dari pemerintahan yang berperan menjaga kode etik dan standar profesi, mewujudkan jiwa korps sebagai pemersatu bangsa, memberikan perlindungan hukum, serta mengemban kesejahteraan anggota.

“Sebagai sebuah korps profesi, jiwa korps harus terus dijaga meskipun dalam suasana politik apapun, karena KORPRI bukan organisasi politik tetapi merupakan organisasi yang berfokus pada penyelenggaraan pemerintahan untuk memastikan setiap target dan tujuan yang sudah ditetapkan dapat terwujud dengan baik. Saya yakin dan percaya bahwa KORPRI selalu berupaya memberikan kontribusi terbaik bagi pembangunan di Kota Payakumbuh ini,” kata Riza.

Ditambahkan wali kota dua periode itu, pandemi Covid-19 yang dihadapi sampai saat ini telah menjadikan KORPRI Kota Payakumbuh semakin matang dalam memberikan perhatian bagi masyarakat Payakumbuh termasuk kepada semua anggota KORPRI.

“Kita dapat lihat penanganan Covid-19, baik melalui skema edukasi, charity atau kemanusiaan, yang dilakukan oleh KORPRI Kota Payakumbuh bagi masyarakat dan anggotanya tanpa kenal lelah,” kata Riza.

Riza mengajak ASN untuk menjadikan hari ulang tahun KORPRI ini sebagai momentum untuk seluruh anggota KORPRI berlari lebih cepat, melompat lebih tinggi, dalam berkarya yang penuh inovasi untuk terus melayani masyarakat.

“KORPRI harus turut serta mendukung melayani terwujudkan core values ASN, yakni berakhlak yakni berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif pada setiap tugas dengan integritas sebagai dasar implementasinya,” ujarnya.

Riza juga mengajak anggota KORPRI Kota Payakumbuh untuk meningkatkan kinerja terutama di bidang pelayanan publik dan terus menerus bergerak mencari terobosan dan terus menerus melakukan inovasi dan kreativitas.

Wali kota yang banyak prestasi itu mengapresiasi atas kerja keras dan dukungan KORPRI selama ini. Pada momentum HUT KORPRI ke 50, Riza menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap keluarga besar KORPRI Kota Payakumbuh, baik yang telah menyelesaikan pengabdian maupun yang sedang mengemban tugas, tanggung jawab, kepada negara, bangsa, dan kepada masyarakat.

“Kami akan selalu komit untuk peningkatan kesejahteraan anggota KORPRI dan mendukung program program positif dari KORPRI Kota Payakumbuh. Akhir kata, selamat ulang tahun ke 50 bagi KORPRI, selamat menunaikan tugas profesi sebagai aparatur sipil negara, teruskan pengabdian, tingkatkan kompetensi dan berikan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa, dan negara khususnya bagi Kota Payakumbuh yang kita cintai dengan menjunjung tinggi panca prasetya KORPRI,” pungkasnya.

Usai upacara, dilakukan pelepasan ASN yang sudah pensiun, sekaligus diberikan piagam penghargaan oleh Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda dan Ketua KORPRI Kota Payakumbuh Amriul Dt. Karayiang.

(Ton)

loading...