MAN 2 Gunuang Pangilun Ingin Adopsi Sistem Pemilu Dalam Pemilihan Presiden OSIM

620

Kasubag Teknis KPU Kota Padang Sutrisno, bersama Guru dan siswa MAN 2 Gunung Panggilun Kota Padang

PADANG, TOP SUMBAR — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Gunuang Pangilun Kota Padang, akan menyelenggarakan pemilihan Presiden Organisasi Siswa Intra MAN (OSIM) dengan mengadopsi sistem pemilihan umum (Pemilu).

Perwakilan guru MAN 2 Gunuang Pangilun, Al Anshari menyampaikan, kedatangan mereka ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang, dalam rangka menjalin kerjasama sekaligus minta bimbingan dalam pemilihan presiden OSIM di sekolahnya.

“Menjadi sesuatu hal yang menarik untuk menggunakan sistem kepemiluan, dalam pemilihan presiden OSIM di sekolah kami. Dengan mengadopsi sistem kepemiluan dengan dibantu atau dibimbing KPU, merupakan suatu pelajaran berharga bagi kami,” terang Al Anshari kepada Kasubag Teknis KPU Padang, Sutrisno di ruangan RPP KPU Kota Padang, Selasa (6/2).

Jika melakukan pemilihan Presiden OSIM dengan cara-cara sebelum-sebelumnya, itu sudah terlalu biasa, kata Al Anshari. “Kami ingin KPU Padang membantu kami, dalam menyukseskan pemilihan presiden OSIM ini dengan hal-hal dan cara-cara yang baru,” harap Al Anshari.

“Saat ini kami telah memulai rancangan kegiatan pemilihan Presiden OSIM seperti menjaring bakal calon (Balon) presiden beserta tahapan dan proses penyelenggaraanya. Direncanakan, Maret 2018 nanti akan dilaksanakan pemilihannya,” ungkap Al Anshari.

Dimintai asisitensi pemilihan Presiden OSIM, Sutrisno menyatakan, KPU Kota Padang beserta jajaran siap memfasilitasinya.

“Kita siap membantu menyukseskan pemilihan Presiden OSIM MAN 2 Gunuang Pangilun. Kita akan bimbing tata cara pemilihan Presiden OSIM dengan mengadopsi sistem kepemiluan, karena sebelumnya kita juga telah membimbing SMA Adabiah dalam pemilihan ketua OSIS mereka,” terang Sutrisno.

Asistensi itu dimulai dari tahap persiapan hingga tahapan penyelenggaraan pemilihan. “Nanti, akan kita diskusikan lebih mendalam tentang tahapan persiapan hingga tahapan penyelenggaraan, pemilihan presiden OSIM ini dengan mengadopsi sistem pemilu,” tukasnya.

Sutrisno juga menjanjikan, personel KPU Kota Padang akan datang mendampingi proses kampanye dan pencoblosan, sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan panitia pemilihan.

“Semoga semua berjalan lancar. Nanti, kita akan bantu spanduk dan mendesainkan surat suara yang digunakan saat pemilihan,’” pungkasnya. (Syafri)

loading...