Kota Solok Raih Dana Alokasi Khusus 10 Miliar untuk Pembangunan Gedung Perpustakaan Megah

Kota Solok Raih Dana Alokasi Khusus 10 Miliar untuk Pembangunan Gedung Perpustakaan Megah

TOPSUMBAR – Wakil Wali Kota (Wawako) Solok, Ramadhani Kirana Putra, bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Wadirman, beserta jajaran, melakukan peninjauan pembangunan gedung Perpustakaan Umum Daerah di Terminal Bareh Solok pada Rabu, 1 Mei 2024.

Pembangunan gedung Perpustakaan Umum ini didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 10 miliar yang diperoleh dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Gedung yang sedang dibangun ini akan memiliki tiga lantai dan dirancang megah. Saat ini, pembangunan gedung sudah memasuki tahap pemasangan pondasi dan tiang oleh CV. Nur’C Kontraktor.

Bacaan Lainnya

“Pembangunan gedung Perpustakaan Umum Daerah ini adalah hasil kerja keras Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok yang berhasil meyakinkan pemerintah pusat untuk mendapatkan Dana Alokasi Khusus ini. Tidak semua daerah mendapatkan Dana DAK ini,” ujar Wawako.

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Iryanto, ST, menjelaskan lebih lanjut bahwa gedung ini akan memiliki tiga lantai dengan berbagai fasilitas, termasuk layanan umum, layanan anak, bioskop, aula, ruang inklusi sosial, mushala, dan ruang layanan lainnya.

Wadirman, Kepala DPK, menegaskan bahwa pembangunan gedung perpustakaan umum daerah bertujuan untuk mengembangkan, mendukung, dan mensejahterakan literasi masyarakat di Kota Solok.

“Pembangunan gedung direncanakan selesai pada akhir tahun 2024 ini dan diharapkan akan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Kota Solok,” pungkas Wadirman.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait