Pembinaan Teknis Standar Re-Akreditasi Laboratorium Kesehatan di Kota Solok

Pembinaan Teknis Standar Re-Akreditasi Laboratorium Kesehatan di Kota Solok

TOPSUMBAR – UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Solok sebagai pelaksana teknis daerah di bawah Dinas Kesehatan Kota Solok telah siap untuk melakukan proses akreditasi sesuai dengan standar Kemenkes dalam rangka menjamin mutu pelayanan kepada masyarakat.

Melalui Dinas Kesehatan Kota Solok, dilakukan pembinaan teknis standar re-akreditasi laboratorium se-Kota Solok di aula dr. H. Umar Ismail Rivai, M.Kes Dinas Kesehatan Kota Solok.

Kegiatan ini berlangsung pada Senin hingga Selasa, tanggal 29 April hingga 30 April 2024.

Bacaan Lainnya

Dr. Ns. Elvi Rosanti, S.Kep, M.Kes selaku kepala Dinas Kesehatan Kota Solok membuka kegiatan ini dengan didampingi oleh Kepala Bidang PSDK Emil Reza Razali, S.Si, Apt, M.Farm, Sub Koordinator Yankes Indrayani, A.Md, Keb, SKM, serta staf.

“Akreditasi laboratorium adalah suatu pengakuan yang diberikan oleh badan independen yang ditunjuk oleh Menteri Kesehatan kepada laboratorium kesehatan yang telah memenuhi standar yang telah ditentukan,” kata Elvi.

Tujuan dari akreditasi ini adalah untuk memberikan pengakuan kembali kepada UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah Kota Solok agar dapat mempertahankan tingkat pelayanan kesehatan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Selain itu, memberikan jaminan kepada petugas laboratorium di UPTD Laboratorium di Kota Solok bahwa semua fasilitas, tenaga, dan lingkungan yang diperlukan senantiasa memenuhi standar, sehingga selalu mendukung pelayanan laboratorium yang baik.

Sebanyak 43 orang peserta mengikuti pembinaan melalui daring bersama narasumber dr. Srilaning Driyah, Sp. PK, M.Si, Med, dan Danu Suwandana Saputra, SKM dari Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI.

Salah satu narasumber menjelaskan bahwa standar akreditasi laboratorium kesehatan mempunyai beberapa standar yang sudah diperbaharui sejak tahun 2008 sampai dengan tahun 2022.

Standar tersebut meliputi sasaran keselamatan pasien, tata kelola kepemimpinan, manajemen informasi, kualifikasi dan kompetensi SDM, manajemen fasilitas dan keselamatan, pengendalian mutu, serta program prioritas nasional.

Peserta dari kegiatan pembinaan ini berasal dari UPTD Labkesda Kota Solok dan laboratorium swasta, yakni Laboratorium Mitra Annisa, Klinik Pattimura.

Kemudian Laboratorium Linda, Laboratorium Medika, RST Solok, RSIA Permata Bunda, RSIA Ananda, dan UPTD PMI Kota Solok.

(GRA)

Pos terkait