Bupati Sijunjung Hadiri “Bakaua” Adat Nagari Pulasan

Bupati didampingi Kadis Pangan dan Perikanan Adri, Kadis Pertanian Ronaldi serta Kabid Produksi Perikanan Paian, dan pejabat lainnya melakukan pelepasan 10.000 benih ikan nila di sungai Batang Pulasan.

TOPSUMBAR – Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si Sutan Gumilang menghadiri “Bakaua” di Nagari Pulasan pada hari Kamis, 2 Mei 2024.

“Bakaua” merupakan tradisi adat Minangkabau sebagai wujud syukur kepada Allah atas limpahan rezeki dari hasil padi para petani.

Sebelumnya di Nagari itu, bupati didampingi Kadis Pangan dan Perikanan Adri, Kadis Pertanian Ronaldi serta Kabid Produksi Perikanan Paian, dan pejabat lainnya melakukan pelepasan 10.000 benih ikan nila di sungai Batang Pulasan.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, terima kasih kepada masyarakat yang masih melestarikan tradisi Bakaua di tengah derasnya arus modernitas,” ujar bupati menyampaikan sambutan.

“Meskipun kebutuhan akan protein hewani tidak sebesar kebutuhan karbohidrat, namun kecukupan protein hewani tetap menjadi hal yang sangat penting. Oleh karena itu, kita memberikan dukungan berupa pemberian sepuluh ribu ekor benih ikan,” lanjut bupati.

“Marilah kita bersama-sama untuk menjaga budidaya ikan di lubuk larangan ini,” ajaknya.

“Masyarakat juga diminta untuk menghentikan meracun dan menyetrum ikan di sungai, agar budidaya ikan disungai tetap lestari sampai ke generasi berikutnya,” tutupnya.

Turut menyambut kunjungan bupati antaranya, Camat Tanjung Gadang Emil Evan, Koordinator BPP Jasril, dan Wali Nagari Pulasan Awardi bersama ratusan pasang mata lainnya.

(AG/kominfo)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait