Bupati Lima Puluh Kota Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116, Soroti Penguasaan Teknologi

Bupati Lima Puluh Kota Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116, Soroti Penguasaan Teknologi

TOPSUMBAR – Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116.

Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Sarilamak pada Senin, 20 Mei 2024.

Turut hadir jajaran unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, para Asisten, Kepala Perangkat Daerah, ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota, tokoh masyarakat, serta pelajar.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Safaruddin turut membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, yang menyoroti tema Harkitnas tahun ini, “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”.

Ia menekankan pentingnya memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memajukan bangsa dan menempatkan Indonesia sebagai pemain penting di kancah global.

“Kita sudah memilih bukan hanya ikut serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia,” ujar Safaruddin.

Lebih lanjut, ia menekankan bahwa Indonesia saat ini berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat yang telah dirintis lebih dari seabad lalu oleh para pendiri bangsa.

Ia juga menyoroti bagaimana penguasaan teknologi menjadi kunci untuk menghadapi tantangan dan peluang baru yang ada di era ini.

Pepatah zaman sekarang menyatakan bahwa siapa yang menguasai teknologi, dia juga akan menguasai peradaban. Menguasai teknologi adalah keharusan bagi kita untuk menyongsong Indonesia Emas,” tambahnya.

Selain itu, juga menyoroti pentingnya bonus demografi yang dimiliki Indonesia dan bagaimana adopsi teknologi digital dapat menjadi penopang utama.

Dengan tingkat penetrasi internet yang telah mencapai 79,5% dari total populasi, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru, mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis.

“Dalam aspek bisnis, sosial, dan ekonomi, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Menutup sambutannya, Safaruddin mengingatkan pentingnya kerja sama seluruh komponen bangsa untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada.

Ia menegaskan bahwa kebangkitan kedua ini merupakan momen penting untuk menatap masa depan dengan optimisme.

“Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme,” tutupnya.

Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan simbolis total nominal pembayaran klaim seluruh program BPJS Ketenagakerjaan untuk periode Januari-Desember 2023 dan Januari-Maret 2024.

Penyerahan dilakukan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Lima Puluh Kota, Nicko Alfiansyah, kepada Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait