Proyek Jalan Hotmix Koto Balingka dan Ranah Batahan Dapat Apresiasi Positif dari Warga Pasaman Barat

Proyek Jalan Hotmix Koto Balingka dan Ranah Batahan Dapat Apresiasi Positif dari Warga Pasaman Barat | Dok.Bisri Batubara

TOPSUMBAR – Pelaksanaan pekerjaan Proyek Peningkatan jalan dengan Hotmix yang menghubungkan Parit – Simpang Patai, Kecamatan Koto Balingka dan Jalan Simpang Masjid Baru – Bedeng Barat, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mendapatkan apresiasi dari warga sekitar.

Karena, selain pekerjaannya cepat juga terus diawasi oleh konsultan pelaksana dan terus dipantau oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pasaman Barat. Sehingga, hasil pekerjaan menjadi bagus dan tepat waktu.

Seperti yang disampaikan oleh salah seorang warga Parit, Andi, melihat prosesi pelaksanaan pembangunan jalan tersebut membuat dirinya dan masyarakat sangat bangga dengan sistem dan mekanisme sesuai dengan teknik, yaitu dengan proses seperti yang diharapkan oleh warga.

Bacaan Lainnya

“Dengan proses pelaksanaan proyek yang baik pasti akan menghasilkan jalan yang bagus dan berkualitas, dan dapat dinikmati oleh masyarakat banyak serta kuat,” ujarnya, Minggu (19/5/2024).

Selain itu, warga juga ikut mengawasi pelaksanaan kegiatan proyek peningkatan jalan, karena merasa ikut memiliki, dan hasilnya banyak komentar positif masyarakat terkait dengan pelaksanaan pembangunan peningkatan jalan hotmix tersebut.

Dari pantauan warga di lapangan, setiap kontraktor yang bekerja selalu berpakaian rapi dan lengkap, berupa safety rompi, helm dan personilnya lengkap. Dan ada juga disana seperti konsultan serta kunjungan PUPR tiap sebentar.

“Ini sangat diawasi betul, dan ini harapan masyarakat. Sehingga, mutu atau kualitas jalan nanti tahan lama,” sebutnya.

Sementara itu, Kisman, warga Kecamatan Ranah Batahan mengatakan proyek jalan yang sedang berlangsung itu sangat diapresiasi warga. Karena, pekerjanya sangat hati-hati dan tidak bekerja sepotong-sepotong.

“Sekali dikerjakan sampai tuntas, walaupun terhenti sebentar untuk menunggu pengerasan. Baru dilaksanakannya pengaspalan,” ulasnya.

Yang kita lihat katanya, pembangunan jalan ini dikerjakan oleh PT Sarana Mitra Saudara dengan nilai kontrak sebesar Rp. 4.644.959.400 melalui DBH tahun anggaran 2023.

“Kita atas nama masyarakat, sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat atas terlaksananya pembangunan jalan hot mix di wilayah kami ini. Dengan akses ini, masyarakat akan merasakan kesejahteraan dan kenyamanan dalam berkendaraan,” pungkasnya.

Pernah dikonfirmasi salah satu pekerja pelaksana kegiatan peningkatan jalan ini, Acong, mengaku bahwa dalam pelaksanaan proyek jalan ini pihaknya selalu menyesuaikan dengan mekanisme dan juga RAB yang ada. Sehingga dapat menghasilkan hasil yang maksimal, karena kedepan jalan ini merupakan fasilitas ekonomi bagi masyarakat sepanjang jalan ini.

“Selain itu juga melibatkan masyarakat sekitar proyek peningkatan jalan, karena mereka para masyarakat yang wilayahnya dibangun jalan hot mix ini agar ikut memiliki dan juga melihat secara langsung proses pembangunan jalan ini,” kata Acong.

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas PUPR melalui Kabid Bina Marga, Bambang Sumarsono, mengatakan bahwa pembangunan jalan ini terus di kebut, agar selesai tepat waktu. Tapi, walaupun pekerjaan dikebut, mutu dan kwalitas tetap diutamakan.

“Kita bersama konsultan pengawas terus berkoordinasi demi kelancaran pembangunan. Karena mutu dan kwalitas harus terjaga dan bekerja sesuai spek,” tegasnya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait