Sukses Terbitkan 164.457 Dokumen Kependudukan, Inovasi SILETON Disdukcapil Agam Raih Penghargaan

Sukses Terbitkan 164.457 Dokumen Kependudukan, Inovasi SILETON Disdukcapil Agam Raih Penghargaan

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil (DISDUKCAPIL) telah merilis inovasi publik bernama Sistem Informasi Layanan Elektronik Terintegrasi Online (SILETON).

Inovasi tersebut sesuai dengan visi misi yang diusung Bupati Agam, Andri Warman dalam menghadirkan tata kelola pemerintahan yang efektif, bersih, akuntabel, dan melayani.

Prestasi tersebut berhasil mengangkat nama Kabupaten Agam, meraih penghargaan dalam Perencanaan dan Pencapaian Pembangunan Daerah di Sumatera Barat tahun 2024.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil (DISDUKCAPIL) Agam, Helton menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Bupati Agam beserta jajarannya.

Menurutnya, inovasi layanan administrasi kependudukan yang di rilis oleh DISDUKCAPIL Agam tersebut telah sukses memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

Aplikasi tersebut secara khusus telah terkoneksi hingga ke tingkat Nagari di Kabupaten Agam.

SILETON tidak hanya berhasil memberikan kemudahan akses pelayanan kepada masyarakat, tetapi juga berhasil memberantas praktik calo yang selama ini telah meresahkan masyarakat.

Aplikasi tersebut telah menjadi terobosan dalam bidang pelayanan yang direalisasikan oleh DISDUKCAPIL Agam tahun sebelumnya.

Dan, pada tahun ini telah mendapat pengakuan serta apresiasi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sebagai salah satu produk inovasi strategis dalam pelayanan prima pemerintah terhadap masyarakat.

“Aplikasi pelayanan yang diciptakan oleh tim DISDUKCAPIL Agam sudah terkoneksi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab. Agam, Pengadilan Agama, Kantor Urusan Agama (KUA), pemerintahan kecamatan, dan nagari,” tambahnya.

Hal ini memungkinkan proses pelayanan terhadap masyarakat dapat berlangsung dengan cepat dan mudah.

Data real-time dari inovasi publik yang dirilis oleh Dinas Kependudukan Catatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Agam menunjukkan bahwa Sistem Informasi Layanan Elektronik Terintegrasi Online (SILETON) berhasil menerbitkan sebanyak 164.457 dokumen administrasi kependudukan di Kabupaten Agam.

“Dari 164.457 dokumen ini, terdiri atas data per level diantaranya, nagari sebanyak 162.081 dokumen, mandiri 2.228, kesehatan 139, puskesmas 8, dan lainnya 1 dokumen,” jelasnya.

Pelayanan sistem aplikasi ini dapat diakses pada hari Senin-Kamis pukul 07.30-16.00 WIB.

Sedangkan pada hari Jumat, pelayanan dibuka dari pukul 07.30-16.30 WIB. Untuk Sabtu dan Minggu, akses pelayanan aplikasi ditutup.

Helton juga mengonfirmasi bahwa pihaknya tengah menunggu undangan atau surat resmi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terkait nominasi tersebut.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait