Sekretaris DPRD Sumbar Lakukan Pemantauan di Pessel, Perantau Bantu Masyarakat Terdampak Bencana

Sekretaris DPRD Sumbar Lakukan Pemantauan di Pessel, Perantau Bantu Masyarakat Terdampak Bencana

TOPSUMBAR – Sekretaris DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Raflis mengunjungi Pesisir Selatan guna memastikan pelayanan mudik lebaran berjalan efektif.

Pengamanan serta penjangaan mudik lebaran 1445 H di jalur bagian barat Padang-Pesisir Selatan (Pessel) diperkuat dengan posko serta alat berat dari KemenPUPR.

Kunjungan yang berlangsung pada Senin, 8 April 2024 tersebut di pantau langsung oleh Raflis dan didampingi oleh Kabag Persidangan.

Bacaan Lainnya

“Terdapat berbagai pihak yang melakukan penjagaan di posko pelayanan terpadu pada lokasi yang strategis di Pessel ini. Terdapat utusan dari polsek, Dinas Perhubungan, Satpol PP, serta Dinas Kesehatan. Selain itu, pihak BPBD juga terlibat dalam memberikan pelayanan informasi kepada para perantau membutuhkan,” ujarnya.

Selain melakukan pemantauan posko, Raflis juga turut memantau kondisi jalur jalan di lokasi tersebut. Menurutnya, jalan di Pessel telah dalam kondisi yang baik.

Barung-Barung Belantai yang sebelumnya dilakukan jalan Buka-Tutup, namun saat ini telah bisa dilalui dengan dua jalur.

“Jembatan yang terdapat di Balai Selasa yang sempat tergerus oleh air juga telah diperbaiki dengan memasang batu grib di bibir jalan maupun bibir sungai. Ini tentu berjalan cepat dengan adanya alat berat,” tambahnya.

Berdasarkan keterangan dari beberapa perantau, Raflis mengungkapkan bahwasanya para perantau yang datang juga membawa beberapa bantuan bagi masyarakat.

“Mereka datang menggunakan kendaraannya masing-masing melewati jalur darat. Ini adalah berkah di Bulan Ramadan, yang mana para perantau datang sambil membawa bantuan. Bantuan tersebut seperti beras, pakaian, makanan ringan, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Terkait dengan pesan arahan dari Gubernur Sumatera Barat, Raflis mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kepedulian para perantau.

“Kepedulian terhadap kampung halaman, menjalin silaturahmi, serta menjaga kedamaian merupakan bagian penting. Ini berguna untuk meningkatkan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat terkhususnya di Pessel ini. Oleh karena itu, Gubernur menugaskan setiap Kepala OPD yang pulang kampung dapat memonitoring pelayanan mudik tahun ini di tempatnya masing-masing,” tambahnya.

“Berkaitan dengan penyelenggaraan Shalat Idul Fitri 1445 H, beberapa kecamatan di Pessel akan melaksanakan shalat di lapangan. Namun, sebagian besar melaksanakannya di Masjid dekat kantor camat masing-masing,” tutupnya.

Kunjungan monitoring sebelum dan pasca lebaran yang dilakukan oleh Sekwan DPRD Sumbar tersebut telah berdasarkan SK Tim Pembagian Wilayah Pemantauan Idul Fitri 1445 H di Kabupaten Pesisir Selatan.

Melibatkan Sekretaris DPRD, Kepala Dinas Perindag, serta Kepala Dinas BMCKTR.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait